BAUBAUNEWSPENDIDIKAN

Sekolah Sepak Bola Nasional U-12 Bakal Dibangun di Kota Baubau

1051
×

Sekolah Sepak Bola Nasional U-12 Bakal Dibangun di Kota Baubau

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi sepak bola

Reporter: Ardilan
Editor: Kardin

BAUBAU – Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) didaulat menjadi lokasi pembangunan Sekolah Sepak Bola (SSB) Nasional untuk anak Usia 12 tahun (U-12), di tahun 2020 ini.

Kota Baubau akan menjadi salah satu daerah yang ditunjuk menjadi lokasi pembangunan SSB Nasional bersama daerah di 14 provinsi lainnya.

“SSB Nasional merupakan program pak Presiden Jokowi Widodo untuk mempercepat bangkitnya sepak bola di Indonesia. Tahun ini baru ada 14 provinsi saja tapi nanti diusahakan ada diseluruh provinsi yang ada di negara kita,” ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikmudora), La Ode Darussalam, Selasa 4 Februari 2020.

Kata dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menunjuk Kota Baubau karena mampu menyiapkan lahan seluas 13 hektar untuk lokasi pembangunan SSB Nasional tersebut.

Sarana yang dibangun nantinya berupa lapangan sepak bola, asrama dan bangunan sekolah yang akan dibiayai pemerintah pusat.

“Antara Kelurahan Palabusa atau Sorawolio lokasinya. Tapi peluang besar ada di Sorawolio. Pemerintah daerah perlu menyiapkan anggaran sebesar 10 persen dari total anggaran untuk pembangunan sarana sekolah sepak bola yang dibutuhkan dan itu harus,” tuturnya.

Darussalam menjelaskan, dalam pembuatan SSB Nasional itu Pemerintah Daerah (Pemda) akan menanggung anggaran mengurus izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), UPL, pembangunan lampu jalan dan lahan. Pasalnya Pemerintah Pusat hanya mengalokasikan pembangunan asrama serta lain-lainnya.

“Para murid SSB Nasional nanti akan diajar oleh pelatih dan guru-guru sepak bola yang didatangkan langsung dari pusat. Kalau dari daerah akan mengisi posisi asisten pelatih,” imbuhnya.

You cannot copy content of this page