HUKUM & KRIMINALKendariMETRO KOTA

Bawaslu Sultra Kecam Pemukulan Ketua KPU Wakatobi

288
×

Bawaslu Sultra Kecam Pemukulan Ketua KPU Wakatobi

Sebarkan artikel ini
ilustrasi
ilustrasi

Reporter : Kardin

Editor : Kang Upi

KENDARI – Dipukulnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi, Abdul Rajab oleh Orang Tak Dikenal (OTK), mendapat kecaman keras Bawaslu Sultra.

Dalam keterangan persnya, Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengatakan, kedatangan Ketua KPU Wakatobi, Abdul Rajab ke kantor Bawaslu Sultra guna menghadiri sidang penyelesaian dugaan pelanggaran administrasi Pemilu, yakni PAW 7 anggota DPRD Kabupaten Wakatobi.

“Peristiwa pemukulan terhadap Ketua KPU Wakatobi, Abdul Rajab terjadi sekitar pukul 19:40 Wita di Halaman Kantor Bawaslu oleh orang yang tidak dikenal,” ujar Hamiruddin dalam keterangan persnya di grup WhatsApp Pers Bawaslu, Sabtu (22/12/2018).

Atas kejadian itu, pihak Bawaslu Sultra mengecam segala bentuk tindakan penganiayaan, kekerasan dan segala hal yang bersifat intimidatif kepada penyelenggara Pemilu dan menyatakan mengutuk tindakan pelaku penganiayaan Ketua KPU Kabupten Wakatobi.

Hamiruddin juga mendesak Kapolda Sultra untuk segera memproses laporan polisi yang telah disampaikan kepada Polres Kota Kendari, secara profesional.

“Mendesak Kapolda Sultra dan jajaran untuk segera menangkap dan menahan pelaku penganiayaan terhadap Ketua KPU Wakatobi,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mendesak Gubernur Sultra, para Bupati dan seluruh unsur FORPIMDA untuk mengambil langkah nyata guna memberikan jaminan keamanan, suasana yang kondusif serta perlindungan hukum agar seluruh penyelenggara Pemilu di daerah Sultra baik itu jajaran KPU, Bawaslu hingga tingkatan terbawah KPPS dapat melaksanakan tugas penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 dengan suasana yang kondusif, tenang dan diliputi rasa aman.

“Menghimbau kepada seluruh Peserta Pemilu untuk bersama-sama memastikan keamanan, kedamaian serta stabilitas penyelenggaraan Pemilu 2019,” imbaunya.

Hamiruddin juga berharap agar kasus tersebut tidak terulang lagi dimanapun dan kapanpun terhadap penyelenggara Pemilu yang sedang melaksanakan tugas demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019

Untuk diketahui, berdasarkan pemberitaan Anoatimes.id, pelaku pemukulan diketahui berinisial LM yang merupakan salah satu Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Kabupaten Wakatobi yang dicoret oleh KPU Wakatobi. (a)

You cannot copy content of this page