oleh

Baznas Kendari Imbau Masyarakat Bayar Zakat Lebih Awal

 

Reporter: Nina Piratnasari

KENDARI – Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari, Alimuddin, mengimbau warga Kota Kendari untuk menunaikan zakat fitrah lebih awal. Menurutnya, pembayaran yang dipercepat dapat membantu penyaluran yang tepat sasaran.

“Kami dari Baznas menghimbau kepada masyarakat kalau bisa lebih awal membayar zakat fitrah, supaya amil bisa mendistribusi secara baik, secara merata, kepada fakir miskin,” katanya saat ditemui usai menghadiri rapat pembahasan persiapan pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 H pada Kamis, 29 April 2021.

Ia melanjutkan, untuk besaran pembayaran zakat fitrah tahun 2021 ini juga telah ditetapkan oleh Baznas, Kementrian Agama (Kemenag), dan beberapa perwakilan Lembaga Amil Zakat (LAZ) sejak awal Ramadan.

“Waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah adalah dari awal puasa sampai malam takbir. Tapi kalau melihat kondisi sekarang, kesulitannya nanti di amil untuk mendistribusikan, bisa saja fakir miskin yang akan menerima zakat tidak bisa lagi memanfaatkan dana zakat itu karena mau belanja semua toko sudah tertutup,” jelasnya.

Kendati demikian, Alimuddin juga menambahkan jika sasaran penerima zakat fitrah hanya ada dua yaitu fakir dan miskin.

“Untuk pendistribusian zakat fitrah itu sebelum khatib naik di mimbar sudah harus terdistribusi. Jadi bagaimana mau terdistribusi dengan baik kalau nanti malam takbir baru dibayar oleh si pembayar zakat. Sasarannya zakat fitrah itu kan untuk membahagiakan fakir miskin pada hari raya,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, jika yang mendistribusikan zakat fitrah adalah amil, terkecuali mereka yang membayar lewat baznas, maka yang akan mendistribusikan adalah pihak baznas itu sendiri.

“Zakat fitrah akan didistribusikan oleh amil yang telah diangkat oleh baznas. Bayar zakat yang resmi di Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam hal ini adalah amil yang diangkat oleh baznas pada masing-masing masjid,” tutupnya. (C)

Terkini