oleh

Bea Cukai Kendari Bongkar Penyelundupan Ratusan Balpress Barang Bekas

Reporter : Ruslan
Editor : Kang Upi

KENDARI – Tim gabungan Bea Cukai Kanwil Sulawesi Bagian Selatan dan Bea Cukai Kendari menangkap Kapal Layar Motor (KLM) Bumi Lestari GT 50 Nomor 218/0011 yang mengangkut ratusan ballpress berisi pakaian dan sepatu bekas.

Dalam penangkapan ini, disita 677 ballpress yang berisi 292 bal pakaian bekas berbagai jenis dan ukuran, serta 385 bal sepatu bekas. Kepala Seksi Kanwil Bea Cukai Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Selatan Padmoyo Tri Wikanto mengatakan, penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat yang diterima pihaknya Minggu, (12/1/2019), tentang adanya kapal yang membawa RB dari Timor Leste.

Menindak lanjuti hal itu, kata Padmoyo, Cukai Kanwil Sulawesi Bagian Selatan di Makassar Bidang Penindakan dan Penyidikan membentuk tim gabungan untuk melakukan penangkapan.

“Pada kamis, 17 Januari 2019 pukul 10.20 WITA tim gabungan dikerahkan untuk melakukan pemantauan di beberapa titik yang ada di Kepulauan Wakatobi. Hasil pemantauan, tim mendapati KLM Bumi Lestari sedang berlabuh di Pelabuhan Wanci,” jelasnya, pada awak media, Rabu (30/01/2019).

Selanjutnya, kata Padmoro, kapal yang dinahkodai pria berinisial B bersama tiga Anak Buah Kapal (ABK) berinisial H, D, dan I ini ditangkap di Pelabuhan Pemda Wanci, Kabupaten Wakatobi, Sultra, Senin, (17/1/2019).

Padmoyo juga menyebut, dari hasil pemeriksaan sementara terhadap para ABK, balpress tersebut diambil dari negara Timor Leste dan sudah sempat dilakukan bongkar muat di Pelabuhan Wanci. Dalam penagkapan tersebut, lanjut Padmoyo, mengingat keterbatasan jumlah personel dan mengurangi resiko gesekan dengan masyarakat, tim gabungan meminta bantuan kepada Kodim 1413 Buton dan Polres Wakatobi untuk mengamankan proses penindakan.

Selain itu, Tim juga melakukan koordinasi dengan Pangkalan Utama TNI AL VI Makassar dan Pangkalan TNI AL Kendari untuk menarik KLM Bumi Lestari beserta barang bukti ke Kendari.

“Sekitar pukul 14.00 WITA siang KLM Bumi Lestari beserta barang bukti ditarik dari Wanci ke Kendari untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Tim Gabungan Bea Cukai Kanwil Sulawesi Bagian Selatan dan Bea Cukai Kendari serta mendapat pengawal dari TNI AL,” pungkasnya.

Terkait penangkapan ini, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna memberikan apresiasi atas kinerja Bea dan Cukai. Ia juga mengaku berkomitmen selalu berkoordinasi dengan semua pihak termasuk Bea dan cukai terkait penanganan penyelundupan barang ke Sultra melalui laut.

“Kami TNI AL akan terus mendukung kegiatan-kegiatan Bea dan cukai akan mendukung secara penuh selalu bersinergi dengan aparat Bea dan cukai khususnya untuk penindakan di laut,” tutupnya. (B)

Terkini