oleh

Begini Jumlah Talang yang Disiapkan Kota Baubau Pada Syukuran Gubernur

BAUBAU – Sebanyak 150 talang makanan akan disiapkan oleh kota Baubau untuk berpartisipasi pada acara syukuran atau pesta rakyat pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Ali Mazi-Lukman Abunawas.

Asisten I Setda Pemkot Baubau, La Ode Aswad mengatakan, Baubau ikut serta karena ingin menyukseskan acara syukuran yang rencananya akan digelar pada 22 September 2018 di alun-alun tugu religi MTQ Kendari itu yang akan diikuti 17 kabupaten dan kota se-Sultra.

“Kota Baubau yang merupakan eks kesultanan Buton akan hadir dengan adat budaya pekande-kandea (makan bersama). Masing-masing daerah akan hadir dengan tradisi adatnya,” ucapnya, Rabu (19/9/2018).

Aswad menerangkan, tradisi ‘Pekande-kandea’ merupakan adat budaya ditiap daerah eks kesultanan Buton seperti Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Wakatobi dan Buton Utara.

“Bukan hanya di Baubau saja adat itu (Pekande-kandea). Bersama SKPD-nya, Baubau akan berkontribusi membawa 150 talang serta penjaganya menggunakan pakaian adat, utamanya gadis-gadis,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat Buton yang tinggal di Kendari juga akan diundang oleh pihaknya untuk menghadiri acara syukuran tersebut.

“Tanggal 20 atau 21 September 2018 mungkin masing-masing sudah menuju kota Kendari untuk menyukseskan kegiatan itu, karena kegiatannya pada 22 September 2018,” tandasnya.

Terkait anggaran, kata Aswad, merupakan kontribusi masing-masing karena tidak ada dalam APBD.(a)


Reporter: Ardilan

Terkini