NEWS

BEI Cacat Pasar Saham Syariah Cukup Dominan Selama Oktober

543
×

BEI Cacat Pasar Saham Syariah Cukup Dominan Selama Oktober

Sebarkan artikel ini
Direktur Pengembangan BEI selaku Ketua Pelaksana SIW 2021, Hasan Fawzi.

KENDARI – Data per Oktober 2021 menunjukkan bahwa komposisi pasar saham syariah di Indonesia masih cukup dominan, dengan jumlah saham syariah mencapai 56,9 persen dari total saham yang tercatat di PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sedangkan kapitalisasi pasar saham syariah mencapai 45,6 persen dari total
kapitalisasi pasar saham. Nilai rata-rata transaksi harian perdagangan saham syariah berkontribusi sebesar 52,6 persen, frekuensi transaksi sebesar 58,1 persen, dan volume transaksi sebanyak 47,2 persen.

Selain itu, BEI kembali meraih penghargaan sebagai The Best Islamic Capital Market dari ajang Global
Islamic Finance Awards (GIFA) 2021. Ini merupakan kali ketiga BEI dinobatkan sebagai The Best Islamic Capital Market dan mengukuhkan posisi pasar modal syariah Indonesia di mata internasional.

Direktur Pengembangan BEI selaku Ketua Pelaksana SIW 2021, Hasan Fawzi mengatakan sejalan dengan pencapaian tersebut, sekaligus untuk meningkatkan literasi serta inklusi masyarakat terhadap pasar modal syariah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Self-Regulatory Organization (SRO), yang terdiri dari BEI, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali menyelenggarakan acara Sharia Investment Week (SIW) 2021 secara virtual.

“SIW 2021 akan diselenggarakan selama 3 hari pada 11 sampai dengan 13 November 2021 melalui laman web www.shariainvestmentweek.com,” kata Hasan Fawzi Kamis, 11 November 2021.

Hasan menuturkan acara ini merupakan bagian dari Peringatan 44 Tahun diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia.

“SIW 2021 yang ditargetkan untuk dihadiri oleh kurang lebih 10.000 peserta ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi para stakeholders di pasar modal syariah, serta penguatan branding dari pasar modal syariah Indonesia sebagai salah satu motor penggerak dari pasar modal guna mendukung pemulihan ekonomi nasional,” bebernya.
Ia menambahkan pihaknya yakin dengan upaya, kerja keras dan dukungan dari banyak pihak bahwa kedepannya pasar modal syariah kita akan semakin maju.

“Dan semoga SIW 2021 ini dapat menjadi ajang bagi para peserta serta investor syariah, baik pemula maupun investor aktif, untuk lebih memahami pasar modal syariah sekaligus bisa menyebarkan semangat untuk berinvestasi melalui pasar modal syariah di Indonesia,” tutupnya.

Diketahui seremoni pembukaan SIW 2021 diawali dengan sambutan Direktur Pengembangan BEI selaku Ketua Pelaksana SIW 2021 Hasan Fawzi, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Wakil Ketua Dewan
Komisioner OJK Nurhaida, dan penyampaian keynote speech oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H Ma’ruf Amin yang juga secara resmi membuka rangkaian acara SIW 2021.

Penulis : Sardin.D

You cannot copy content of this page