oleh

Belajar Tatap Muka di Sultra Dibatalkan, Ini Sebabnya

Reporter : Haris Anda Dinata

KENDARI – Belajar tatap muka untuk sekolah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang rencananya akan digelar Awal Januarai 2021 dibatalkan.

Hal ini dilakukan setelah Gubernur Sultra, H Ali Mazi, SH mengeluarkan himbauan kepada satuan pendidikan untuk tetap melaksanakan pembelajaran online (Daring).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sultra, Asrun Lio menuturkan karena hasil peta penyebaran covid-19 yang mendekati posisi zona merah maka pihaknya sementara waktu menunda belajar tatap muka.

“Sementara kami tunda sampai distribusi vaksin itu atau menunggu petunjuk lain sesuai dari kondisi penyebaran covid-19,” kata Asrun Lio, Jum’at 08 Januari 2020.

Untuk daerah-daerah yang telah melaksanakan sekolah tatap muka, kata Asrun, sementara waktu menunggu surat edaran Gubernur Sultra.

“Yang terlanjur itu semua sekolah akan mendapatkan informasi melalui surat edarannya bapak Gubernur yang sementara dalam proses dan mungkin mereka belum mengetahui surat edaran tersebut,” ujarnya.

Ia mengaku surat edaran Gubernur Sultra nantinya akan mengacu pada rujukan surat keputusan dari empat Menteri berupa pemberian kewenangan kepada pemerintah daerah untuk memberikan izin boleh atau tidaknya menggelar belajar tatap muka.

“Namun demikian ada alternatif lain dilakuan diantaranya melalui luring atau modul dan buku-buku referensi itu juga tetap di laksanakan. Yang penting ada progres dari hasil belajar itu,” tandasnya. (b).

Terkini