NEWS

Bendungan Ladongi Siap Diresmikan Presiden Jokowi

562
×

Bendungan Ladongi Siap Diresmikan Presiden Jokowi

Sebarkan artikel ini
Tampak Kepala BWS IV Kendari, Agus Safari mengenakan rompi kuning saat ditemui usai penanaman pohon di Kolam Retensi Boluevard (Foto: Sardin.D)

KENDARI – Progres pembangunan bendungan Ladongi yang berada di Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah rampung dibangun dan tinggal menunggu pengresmian Presiden Joko Widodo pada akhir tahun 2021 ini.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWS) IV Kendari Agus Safari mengatakan untuk peresmian tinggal menunggu keputusan dari istana.

“Jadi dari sisi kesiapan bendungannya sendiri sudah selesai. Tinggal akses jalan akses yang masih dikerjakan, dimana jalan dari Rate-Rate ke bendungan itu sekitar 12 km,” jelasnya saat di temui awak media Senin, 01 September 2021.

Lanjut Agus menerangkan untuk pembangunan jalan sendiri BPJN sudah capai 80 persen sementara Pemprov sudah 70 persen.

“Kan untuk pembangunan jalan ada dari BPJN dari pengaspalan sedikit lagi dan Pemprov masih membuat lapisan dan ini sementara dikerjakan,” pungkasnya.

Diketahui bendungan Ladongi memiliki kapasitas tampung air 45,945 juta meter kubik dengan fungsi utama yaitu memenuhi kebutuhan irigasi masyarakat sekitar.

Selain itu manfaat lainnya yang akan dirasakan masyarakat dari bendungan di antaranya dapat memenuhi kebutuhan air baku sebanyak 120 liter per detik dan memiliki potensi pembangkit energi listrik 1,3 megawatt.

Penulis : Sardin.D

You cannot copy content of this page