oleh

Beri Kemudahan Peserta, BPJS Kesehatan Mulai Terapkan Digitalisasi Rujukan

KENDARI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya memberikan kemudahan layanan kepada peserta dan upaya yang telah dilakukan, salah satunya yakni digitalisasi rujukan atau rujukan online.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari bersama dengan Sekda Kota Kendari dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari melakukan supervisi ke Puskesmas Mekar untuk memastikan implementasi rujukan online berjalan optimal pada Senin (17/09/2018) lalu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Hendra J Rompas mengatakan, Puskesmas Mekar adalah salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama di Kota Kendari yang telah mengimplementasikan digitalisasi rujukan.

“Kami melakukan kunjungan ke Puskesmas Mekar guna memastikan manfaat kemudahan dan kepastian layanan dengan sistem rujukan online terhadap pasien,” tulisnya dalam rilis yang diterima Mediakendari.com, Selasa (18/09/2018).

Menurutnya, dengan adanya rujukan online tersebut dapat memudahkan peserta dalam memperoleh layanan rumah sakit yang disesuaikan dengan kompetensi, jarak, dan kapasitas sesuai dengan kebutuhan peserta.

Hendra menambahkan, dengan sistem rujukan online dapat meminimalisir potensi penolakan peserta karena tidak membawa surat rujukan.

“Sistem rujukan online ini kami harapkan dapat memudahkan dalam hal administrasi sehingga di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan dapat dengan mudah dilayani tanpa perlu kekhwatiran dari peserta,” tambahnya.

Dia berharap, pada 1 Oktober 2018, rujukan online dapat diterapkan di seluruh fasilitas kesehatan tanpa terkendala.

“Diharapkan dengan uji coba rujukan online yang telah memasuki fase ke-3 ini, implementasinya akan semakin baik dan dirasakan manfaat kemudahan dan kepastian layanannya oleh pasien” harapnya.(b)


Reporter: Hendrik B

Terkini