oleh

Berikut 15 Program Unggulan Bupati Muna untuk Visi Misi Lima Tahun Kedepan

Reporter: Arto Rasyid
Editor: Sardin.D

MUNA – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Muna, LM. Rusman Emba, ST – Drs. H. Bachrun, M.Si Periode 2021-2025 memaparkan 15 program unggulan visi-misi untuk lima tahun kedepan yang disampaikan dalam pidato sambutan sidang paripurna DPRD pada Kamis, 16 September 2021.

Penyampaian visi misi itu dilakukan paling lambat 14 hari setelah pelantikan, sesuai dengan surat edaran (SE) Mendagri Nomor: 273/487/SJ.

Tercatat sebanyak 15 program prioritas pasangan Rusman Bachrun yang meliputi, pemberian tunjangan kinerja daerah bagi ASN, perluasan pendidikan melalui balai latihan kerja, perluasan akses kesetaraan gender, penerapan techno struktur pada produk unggulan.

Penguatan kesiapsiagaan bencana dan pandemi, penerapan pelayanan prima melalui mall pelayanan publik, membangun sinegritas penegakan hukum, pengembangan kawasan perdesaan berbasis produk unggulan, penguatan UMKM koperasi, peningkatan daya dukung kepariwisataan dan pengembangan ekonomi kreatif.

Penyediaan system informasi dan kemudahan berinvestasi, peningkatan kapasitas infrastruktur wilayah pusat pertumbuhan dan kawasan perdesaan, penerapan standar pelayanan minimal (SPM) dalam pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan insentif pemuka agama dan yang terakhir penguatan fungsi lembaga adat dalam implementasi nilai nilai budaya muna.

“Jadi visi misi kami berasal dari program yang dibuat saat pencalonan kepala daerah berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada Pasal 85 ayat (5) huruf (N),” kata mantan Senator DPD RI itu.

Baca Juga: Begini Mekanisme Penertiban Hewan Ternak di Luar Ibu Kota Bombana

Rusman mengatakan, visi misi periode kedua merupakan pedoman pembangunan daerah yang akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna selama lima tahun kedepan guna menyempurnakan apa yang belum terealisasi diperiode sebelumnya.

Orang nomor satu di Bumi Sowite ini mengaku, banyak persoalan dihadapi pada periode pertama diantaranya dua tahun terakhir diperhadapkan dengan pandemi Covid-19 yang cukup menguras energi dan pikiran sehingga program pembangunan menjadi tertunda dampak dari anggaran daerah yang terpangkas refokusing.

“Banyak hal yang belum maksimal sehingga atas rahmat Allah SWT, saya dengan pak Bachrun (wakil bupati) yang diberikan amanah lanjutkan kepemimpinan bisa menyempurnakan untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” ucap Bupati dua periode itu.

Selanjutnya Rusman menyampaikan rumusan visi misi untuk lima tahun kedepan yakni terwujudnya Muna maju, mandiri, berdaya saing dan sejahtera, dengan mengandung kata kunci visi lalu dijabarkan dalam misi.

“Yang diterjamahkan dalam tujuan sasaran pembangunan dan harus diikuti dengan strategi, kebijakan serta program kegiatan yang jelas terarah dan terukur untuk wujudkan misi dengan kata kunci muna maju, mandiri, berdaya saing dan sejahtera,”tutupnya.

Terkini