MUNA BARAT

Berkendara ke Kusambi Mubar, Kendaraan Bakal “Dimandikan” Pakai Disinfektan

196
Camat Kusambi, Ali Mochtar Jaya (kedua dari kiri), Danramil 1416-01Katobu, Kapten Infanteri Ruslan (kiri), Kapolsek Kusambi, Ipda Abdul Hasan (kedua dari kanan), serta Kabid Bencana BPBD Mubar, Laode Mirad (kanan) foto bersama di perbatasan Mubar-Muna Desa Kusambi Kecamatan saat kegiatan penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan dan pemeriksaan suhu tubuh, Selasa, 14 April 2020.(foto/Jul Awal/mediakendari.com)

Reporter: Jul Awal

LAWORO –  Tim gugus tugas covid-19 Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) melakukan penyemprotan disinfektan setiap kendaraan yang melintas di Desa Kusambi Kecamatan Kusambi.

Tidak hanya itu, setiap pengendara yang melintasi akses batas wilayah Mubar dan Muna itu juga diharuskan turun dari kendaraanya untuk menjalani pemeriksaan suhu tubuh.

Pemeriksaan ini dilaksanakan melibatkan tim dari medis dari Puskesmas Guali dan Puskesmas Sidamangura, serta dibantu tim BPBD Mubar dan personil TNI, Polri dan Satpol PP Mubar.

Ketua tim gugus tugas Kecamatan Kusambi, Ali Mochtar Jaya mengatakan, pemerintah kecamatan akan proaktif melakukan pencegahan covid-19 dengan penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan suhu tubuh.

“Ini akan dilakukan dua kali seminggu yakni Selasa – Jumat dan waktunya itu kalau Selasa dari pukul 08.00 pagi – 14.00 wita dan Jumat sampai pukul 11.30 Wita,” kata Ali disela pemeriksaan di batas Mubar-Muna di Desa Kusambi, Selasa, 14 April 2020.

Camat muda ini berharap, setiap warga bisa memahami dan mematuhi apa yang dilakukan dan diinstruksikan pemerintah saat ini guna mencegah dan memutus mata rantai covid-19.

Ditempat yang sama, Komandan Rayon Militer (Danramil) 1416-01 Katobu, Kapten Inf Ruslan mengatakan, Kecamatan Kusambi merupakan wilayah teritorial Koramil Katobu Kabupaten Muna walaupun secara administrasi masuk wilayah Kabupaten Muna Barat.

“Untuk itu, kami juga tanggap terhadap pencegahan dan penanganan covid-19 ini sehingga kami selalu koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Kusambi untuk memback up kegiatan tim satgas covid-19 di Kusambi ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, setiap kegiatan pencegahan dan penanganan covid-19 baik di desa, pihaknya juga telah menurunkan Bintara Pembina Desa (Babinsa). “Untuk memback up kegiatan satgas Kecamatan Kusambi ini, saya turunkan empat anggota,” tambahnya.

Ia juga menegaskan, dalam melakukan tugas, pihaknya menilai sebagian masyarakat belum memahami secara benar serta mematuhi himbauan pemerintah.”Padahal ini untuk kebaikan kita semua. Semoga corona jauh dari kita semua, aamiin,” singkatnya.

Sementara itu, atas pemeriksaan seluruh warga yang melintas, Kepala Puskesmas Sidamangura, Suriana menyatakan bahwa hasil pemeriksaan suhu tubuh, rata-rata masih normal yaitu 36 C.

“Alhamdulillah rata-rata suhu tubuh yang diperiksa tidak melewati suhu normal,” ungkap Suriana.

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version