oleh

Bersiap Hadapi Bencana Banjir, BPBD Konawe Siagakan TRC dan Peralatan

-NEWS-114 dibaca

 

Reporter: Andis

KONAWE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe menyiagakan puluhan anggota tim reaksi cepat (TRC) serta peralatan untuk kesiapan penanganan bencana banjir di daerah tersebut.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimotologi, dan Geofisika (BMKG), banjir berpotensi terjadi pada Mei 2021, akibat fenomena La Nina yang berdampak datangnya hujan.

Kepala bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Samsul mengungkapkan, pihaknya menyiagakan 45 anggota TRC dan sejumlah peralatan serta kendaraan penanganan bencana di Kantor BPBD Konawe.

“Kami menyiapkan 2 unit perahu katamaran, 1 unit perahu Dolpin, perahu politilen 2 unit, dan termasuk mesin perahu 25 PK serta 40 PK,” ungkap Samsul usai rapat koordinasi bersama Satgas Penanggulangan Bencana.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinand Sapan menuturkan, dalam mengantisipasi banjir pihaknya terus berkoordinasi dengan Satgas pengangulan bencana dan TNI Polri.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Badan Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, sebab ada beberapa tanggul di Konawe yang masih jad wewenang mereka,” kata Ferdinan.

Mantan Kepala BPKD Konawe ini juga menjelaskan Pemda Konawe juga memiliki dana kontingensi untuk penanggulangan banjir, yang bisa dicarikan sewaktu waktu jika banjir melanda.

“Jadi, tidak sembarangan kita mengeluarkan dana kontingensi itu, jika kondisi darurat belum ditetapkan,” pungkas Ferdinand. /B

Terkini