oleh

Bersiap Ikut STQ Provinsi, Pemkab Buteng Bakal Gelontorkan Dana Ratusan Juta

 

Reporter: Syaud Al Faisal

BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bersiap mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2021.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Buteng, Ahmad Nasmudin mengatakan pihaknya terus mematangkan persiapan hingga menyiapkan sejumlah anggarannya sebesar Rp 700 juta

Meski, rencana ajang syiar Islam tersebut hingga kini belum ditentukan secara pasti kapan jadwal tetap pelaksanaannya akibat dampak covid -19.

Menurutnya, anggaran yang persiapan untuk STQ itu sesuai DPA, sebesar Rp 700 juta, untuk membiayai mulai dari seleksi di kabupaten, hingga pemberangkatan di tingkat provinsi.

“Termasuk hadiah bagi peserta kabupaten yang juara di tingkat provinsi,” kata Ahmad Nasmudin saat dikonfirmasi di ruangannya, Selasa 9 Maret 2021.

Mantan Camat Mawasangka Timur ini melanjutkan, pihaknya masih menunggu kejelasan pelaksanaan STQ tingkat provinsi tersebut, dampak covid-19 menjadi pertimbangan pelaksanaan STQ di Kota Kendari.

“Terakhir kita rapat bersama katanya akhir maret atau tidak awal april pelaksanaannya. Namun surat dari Kementrian Agama belum dikeluarkan, kita masih sementara menunggu,” ungkap Nasmudin.

Kabupaten Buteng sendiri mempersiapkan 14 peserta untuk mengikuti ajang STQ, yang memperlombakan tilawah anak-anak, tilawah dewasa, hafalan satu juz mulai dari Juz 1 sampai Juz 30, dan tafsir.

“Kita harapkan peserta yang ikut stq tingkat provinsi yang membawa nama kabupaten buton tengah bisa menampilkan yang terbaik,” pungkasnya. /B

Terkini