KendariEKONOMI & BISNIS

BI Sultra Dorong Digitalisasi UMKM Sultra Melalui Platform Ayomibeli.Com

540
×

BI Sultra Dorong Digitalisasi UMKM Sultra Melalui Platform Ayomibeli.Com

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi, Foto : Google/Pikiran Rakyat

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendorong dan mendukung digitalisasi UMKM. Hal itu dilakukan dengan menghadirkan platform Ayomibeli.com.

Kepala BI KPw Sultra, Suharman Tabrani melalui siaran pers yang diterima MEDIAKENDARI.com, Selasa 03 November 2020 menuturkan, kreativitas, digitalisasi, dan sinergi merupakan kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian daerah ataupun nasional di era digital.

Pertama, kreativitas dengan meningkatkan nilai tambah produk UMKM. Kedua, digitalisasi melalui inisiasi UMKM Go Digital dan integrasi ekonomi keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal.

Ketiga, sinergi kebijakan nasional pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis yang terintegrasi, dan secara end to end mendorong kemajuan UMKM.
Bank Indonesia (BI) bersinergi bersama Pemerintah terus mendorong terciptanya UMKM baru sebagai kekuatan perekonomian daerah ataupun nasional. UMKM baru adalah UMKM yang memiliki ciri utama memanfaatkan teknologi digital mulai dari proses pembiayaan, pemasaran, hingga pembayaran.

“Pandemi COVID-19 yang terjadi dapat menjadi momentum bagi UMKM untuk mengakselerasi penggunaan teknologi digital dalam bisnis, khususnya optimalisasi pemasaran digital melalui platform e-commerce,” ujarnya.

Dalam upaya optimalisasi pemasaran digital tersebut, Bank Indonesia Sulawesi Tenggara (BI Sultra) bersama pemerintah daerah melakukan pengembangan platform pemasaran digital yakni ayomibeli.com yang berisi berbagai produk unggulan UMKM lokal Sulawesi Tenggara.

“Platform ayomibeli.com diharapkan dapat menjadi salah satu katalis dalam upaya mendorong UMKM menjadi kekuatan baru dalam perekenomian daerah dan nasional,” harapnya.

Tidak hanya itu, platform e-commerce ayomibeli.com direncanakan akan di launching pada kegiatan AYOMIBELI Digital Festival pada 7-8 November 2020. Kegiatan tersebut akan dikemas secara virtual untuk memitigasi penyebaran Covid 19 yang berdasarkan statistik masih mengalami peningkatan.

BI Sultra mengajak masyarakat untuk menggunakan platform ayomibeli.com untuk membantu meningkatkan kesejahteraan UMKM lokal Sulawesi Tenggara serta turut meramaikan acara AYOMIBELI Digital Festival pada akhir pekan nanti.

“Ke depan, BI Sultra akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai instansi dan lembaga,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page