oleh

BI Sultra Sediakan Rp 1,45 Triliun Uang Kartal Selama Ramadan dan Idul Fitri 1441 H

Reporter: Ferito Julyadi

KENDARI – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan Rp 1,45 triliun uang kartal untuk memenuhi kebutuhan selama ramadan menjelang lebaran idul fitri 1441 H.

Uang kartal adalah alat bayar yang sah dan wajib diterima oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli sehari-hari. Untuk jenisnya yakni uang berbahan kertas dan logam.

Kepala BI KPw Sultra, Suharman Tabrani menuturkan, penyediaan uang kartal ini adalah upaya BI untuk mengantisipasi ketersedian uang selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

“Kami menyiapkan Rp 1,45 triliun uang kartal di Ramdan kali ini. Nilai tersebut meningkat 26,92 persen dibanding tahun sebelumnya yang tercatat Rp 1,14 Triliun,” ujar Suharman Tabrani, Kamis 30 April 2020.

Suharman juga menjelaskan, pihaknya juga memastikan pemenuhan kebutuhan uang kartal melalui bank pengelolan kas titipan BI yang berada di Kabupaten Kolaka dan Kota Bau Bau.

Dirinya juga menjamin uang yang nantinya akan diedarkan ke masyarakat telah memalui proses sterilisasi untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

“Sebelum diedarkan, uang-uang tersebut sudah melalui tahap uji dan sterilisasi. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan pada sarana, prasarana dan area perkasan,” tutupnya.

Terkini