oleh

BKKBN Sultra Resmi Louncing Rumah Dataku di Kampung KB Konawe

KENDARI – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melounching Rumah Data Kependudukan atau Rumah Dataku di kampung Keluarga Berencana (KB) yang dipusatkan di Desa Laloumera Kecamatan Besulutu Kabupaten Konawe, Senin (15/10/2018).

Kepala Pengendalian Kependudukan, Dr.Fitriani mengatakan kampung KB adalah program pemberdayaan masyarakat bersama BKKBN, dan rumah data kependudukan atau rumah dataku

merupakan bagian dari inovasi tentang bagaimana supaya di kampung KB itu ada yang namanya publikasi data kependudukan melalui program rumah dataku.

“Rumah dataku bukan hanya data kependudukan yang ada tetapi juga terkait dengan profil desa, potensi desa, data pencapian apseptornya dan semua kegiatan desa di publikasikan dalam rumah dataku,” ungkap Fitriani saat di temui di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, kampung KB di bentuk oleh bkkbn tetapi diharapkan ada keterlibatan lintas sektor untuk melakukan intervensi pembangunan di kampung KB. “Kampung KB di harapkan bisa sama dengan kampung lainnya dan bisa mendapatkan perhatian dari lintas sektor,”harapnya.

Katanya, rumah dataku baru kali ini di louncing di kabupaten Konewa Desa Laloumera, Kecamatan Besulutu dan ini akan disosialisasikan terus supaya semua kampung KB mempunyai rumah data, karena program BKKBN setiap kampung KB harus mempunyai rumah data kependudukan.

“Kami louncing rumah dataku di pusatkan di Konawe karena dari kesiapan data Kabupaten Konawe yang paling memenuhi dan ini akan kami jadi sebagai percontohan,” paparnya.

Ia menuturkan, selain rumah data ada juga pojok kependudukan sebagai tempat untuk mendapatkan informasi mengenai kependudukan.

“Kami sudah melakukan sosialisasi di beberapa kabupaten dan berikutnya yang akan lounching rumah dataku yakni Kabupaten Konawe Utara dan untuk tenaga pengelola rumah dataku dipilih oleh Pokja karena di setiap kampung KB ada kelompok kerja yang memilih tenaga pengelola rumah dataku, sementara untuk kota Kendari saat ini belum ada tetapi sudah mulai tahap persipan untuk lounching rumah dataku,” tutupnya.(a)


Reporter:Waty


Terkini