FEATURED

Tidak Memiliki Dokter Di Puskesmas, Pelita Dari Dua Kecamatan Di Kabupaten Muna Gelar Aksi Turun Ke Jalan

549
×

Tidak Memiliki Dokter Di Puskesmas, Pelita Dari Dua Kecamatan Di Kabupaten Muna Gelar Aksi Turun Ke Jalan

Sebarkan artikel ini

MediaKendari.com, Raha – Kurangnya pelayanan kesehatan yang terjadi di Puskesmas Kecamatan Tongkuno dan Tongkuno Selatan membuat para pemuda dari dua kecamatan melakukan aksi unjuk rasa dengan turun ke jalan.

Selama hampir satu tahun kedua Puskesmas di kecamatan tersebut tidak memiliki dokter sehingga menyulitkan para masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

Para pemuda yang menamai diri mereka sebagai Pemuda Peduli Tongkuno Raya (PELITA) melakukan aksi turun ke jalan dari depan kantor kecamatan menuju ke pasar sentral wakuru dan berakhir kembali di kantor kecamatan, Minggu( 23/07/2017).

Dalam aksinya para pemuda menuntut Kepala Dinas Kesehatan agar segera mendatangkan dua orang dokter untuk dua puskesmas di dua kecamatan tersebut.

Menurut Koordinator Lapangan (korlap) Muhammad Kadir S. Pd, aksi ini adalah langkah awal yang kami lakukan untuk mendesak Dinas Kesehatan agar segera mendatangkan dokter untuk dua kecamatan tersebut.

” Hari ini adalah langkah awal dari aksi kami. Kami bermaksud untuk menggalang massa untuk bersama-sama menyuarakan apa yang menjadi hak kami. Sebelumnya kami sudah pernah bersurat kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Muna dan mereka berjanji akan mendatangkan dokter pada Bulan april kemarin namun sampai saat ini hal itu tidak pernah terjadi,” ujar Kadir.

Kadir juga menambahkan bahwa dalam pasal 16 ayat (3) huruf (a) peraturan Menteri Kesehatan No. 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas bahwa Jenis Tenaga Kesehatan Puskesmas paling sedikit terdiri dari (salah satunya) dokter atau dokter layanan primer.

Menurutnya, hari ini Senin (24/072017) mereka akan melayangkan surat kepada Dinas Kesehatan. Apabila sampai hari Kamis (27/072017) pihak Dinas Kesehatan tidak merespon surat tersebut mereka akan kembali melakukan aksi di Raha dengan massa yang lebih besar.

Laporan : Sulfikar
Editor : Jafrun

You cannot copy content of this page