FEATUREDKONAWE SELATAN

Pemda Konsel Lepas 85 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Kepada Jemaah

377
×

Pemda Konsel Lepas 85 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Kepada Jemaah

Sebarkan artikel ini

ANDOOLO – Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Surunuddin Dangga, ST.,MM melepas keberangkatan 85 Jamaah Calon Jamaah Haji (Calhaj) asal Konsel Tahun 1439 H/2018 Masehi di dampingi Wabup Dr. H. Arsalim Arifin, SE.,M.Si bertempat di Pendopo Rujab Bupati, Senin (30/7/2018) Pagi.

Pelepasan Calhaj tersebut, juga dihadiri Sekda Ir. H. Sjarif Sajang, M.Si, Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra Ir. Agusalim, M.Si, Ketua DPRD Irham Kalenggo, S.Sos.,M.Si, Kakandepag Drs. Adnan Saufi, M.Si, unsur Forkopimda serta disaksikan para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel dan keluarga Calhaj yang ikut mendampingi.

“Keberangkatan para jamaah Calhaj ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan haji dengan niat mengharap ridha Allah SWT, yang juga merupakan salah satu Rukun Islam yang diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya dari segi ekonomi, kesehatan baik fisik dan mental disamping itu harus memenuhi persyaratan secara syariat maupun syarat yang di tetapkan pemerintah,” ucap Surunuddin Dangga mengawali sambutannya.

Lanjutnya, Ibadah haji dapat dilaksanakan peserta, hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya baik untuk diri sendiri tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara, dengan memahami hakikat dari ibadah haji itu sendiri yakni secara total yang tidak hanya melibatkan fisik semata seperti tawaf dan sa’i tetapi juga ibadah bathin yaitu wukuf, yang kesemua itu berakhir pada perjanjian kita kepadaNYA dengan berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabiat kita yang tidak baik.

Surunuddin juga berharap, keberangkatan itu selain fokus melaksanakan rukun haji juga dapat bertindak sebagai duta bangsa dan daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa dan umat Islam dari seluruh penjuru dunia, karena itu jagalah perilaku dan kebersamaan serta hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain.

“Dan atas nama pribadi dan saya selaku pimpinan daerah berpesan untuk selalu menjaga kesehatan, berkoordinasi dengan para medis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang mengganggu kesehatan, dan senantiasa mendoakan Konsel agar kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya bisa meningkat menuju ‘Desa Maju Konsel Hebat Baldatun Toyibah Warabbun Ghafur’ dan kami hanya membantu dengan iringan doa yang tulus dan ikhlas semoga seluruh Calhaj Konsel menjadi haji mabrur, amin,” pungkas Surunuddin.

Di tempat yang sama, Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Konsel, Ir. Agusalim, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tahun ini jumlah Calhaj Konsel bila dibandingkan tahun 2017 yang hanya berjumlah 67 jamaah mengalami kenaikan sejumlah 85 jamaah di tahun 2018, yakni 80 Jamaah Reguler Konsel.

Lanjutnya, ada 5 orang penggabungan mahram, dengan rincian 39 jamaah laki-laki dan perempuan 46 jamaah dengan sebaran usia berada pada kisaran usia 24 – 78 Tahun, yang termuda berasal dari Kelurahan Punggaluku Kecamatan Laeya bernama Arifah Auliyatul Muslimah, dan yang tertua berasal dari Desa Marga Cinta Kecamatan Moramo dengan nama Pariah Binti Samparta.

Kata Agusalim, jamaah akan meninggalkan Konsel pada tanggal (3/8/2018) dan selanjutnya akan bergabung pada Kloter 22 embarkasi Makasar, dan brangkat ke Jeddah pada tanggal 4/8/2018, dimana untuk sebagai penyemangat dan membantu mensukseskan kegiatan itu.

“Sebelumnya kami sebagai panitia haji Konsel telah melakukan kegiatan kManasik Haji Tingkat Kabupaten’ dilanjutkan pada tingkat kecamatan yaitu di Kecamatan Laeya pada tanggal 25 juni 2018 yang di hadiri oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sultra dan Asisten Satu mewakili Pemda Konsel,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga usai memberikan sambutan, langsung menyerahkan bantuan transportasi lokal berupa uang tunai kepada seluruh Jamaah.


Reporter : Erlin

You cannot copy content of this page