PENDIDIKAN

Tingkatkan Pemahaman Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, UHO Kumpul Kepala Sekolah se-Sultra

389
×

Tingkatkan Pemahaman Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, UHO Kumpul Kepala Sekolah se-Sultra

Sebarkan artikel ini
sejumblah kepala sekolah yang mengikuti sosialisasi seleksi penerimaan mahasiswa baru di gedung auditorium mokodompit, Sabtu (12/1/2019). (Foto : Fahruq/Mediakendari.com)

Reporter: Fahruq
Editor: Taya

KENDARI – Dalam meningkatkan pemahaman tentang penerimaan mahasiswa baru, pihak Universitas Halu Oleo menghadirkan sejumlah kepala sekolah dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengikuti sosialisasi seleksi penerimaan mahasiswa baru 2019 di Gedung Auditorium UHO, Sabtu (12/1/2019).

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si.,M.Si.,M.Sc. mengatakan kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Kuota mahasiswa pada 2018 sebanyak 40 persen untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 30 persen untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan 30 persen untuk Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Sedangkan pada 2019 kuota penerimaan SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen, dan jalur Mandiri maksimal 30 persen.

Guru besar bidang Ilmu fisika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ini menekankan kepada kepala sekolah di Sultra agar jujur dalam memproses data yang ada, sehingga tidak terjadi kecurangan data. Sebab pada tahun sebelumnya, ada beberapa sekolah yang tidak diterima UHO karena alasan memanipulasi data.

“Untuk jalur SBMPTN berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang dimana siswa memilih tiga program studi dalam dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN), di tahun ini siswa hanya diperbolehkan memilih dua program
studi dalam dua PTN,”tutupnya.

Baca Juga : 2019, Kuota Beasiswa Bidik Misi UHO Hanya 400 Orang

Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ini menjadi tugas rutin bagi Universitas Halu Oleo, agar pihak sekolah mulai dari kepala sekolah hingga siswa dapat memahami proses masuk perguruan tinggi negeri.
(b)

You cannot copy content of this page