NEWS

BNPB Edukasi Mitigasi Bencana Hidrometeorologi ke Pemprov Sultra

494
×

BNPB Edukasi Mitigasi Bencana Hidrometeorologi ke Pemprov Sultra

Sebarkan artikel ini
Tampak Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan saat ditemui awak media

KENDARI – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat memberikan edukasi penguatan mitigasi risiko potensi bencana disebabkan hujan, kelembaban, temperatur dan angin (hidrometeorologi) kepada seluruh jajaran pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sekretaris Utama BNPB Pusat Lilik Kurniawan mengatakan untuk mengantisipasi bencana, khususnya bencana hidrometeorologi, Pemprov Sultra harus kesiapsiagaan seluruh bupati/walikota di daerahnya masing-masing.

“Pastikan seluruh OPD provinsi sudah mempersiapkan sumber daya dalam mendukung kesiapsiagaan melakukan simulasi dan menghimpun relawan dan dukungan lainnya,” jelasnya saat ditemui awak media di Kendari, Selasa 02 November 2021.

Lilik memberikan saran kepada kabupaten/kota segera menginformasikan kepada masyarakat mengenai daerah-daerah rawan bencana memastikan seluruh camat, lurah, dan desa melakukan kesiapsiagaan.

“OPD segera menyiapkan sumber daya dan mengaktivasi pusat pengendalian operasi (pusdalops) di BPBD,” sambungnya.

Lilik berharap masyarakat mendapatkan akses informasi tentang kebencanaan sehingga dapat mengevakuasi diri secara mandiri ketika terjadi bencana.

“Untuk penyampaian terkait informasi harus sampai ke masyarakat, pesan itu dipahami dan masyarakat merespon informasi tersebut dengan melakukan evakuasi ke tempat yang aman ketika bencana terjadi,” pungkasnya.

Penulis : Sardin.D

You cannot copy content of this page