oleh

BPBD Kendari Gelar Kongres I Forum Pengurangan Risiko Bencana

-NEWS-181 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari menggelar rapat kongres I tentang forum pengurangan risiko bencana Kota Kendari yang dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu disalah satu hotel, Kamis (10/11/2022).

Asmawa Tosepu berharap dengan adanya forum ini bisa membantu pemerintah kota dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu siap siaga manakala terjadi resiko bencana. “Tentu hal ini sangat kita butuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kendari, Paminuddin mengatakan tujuan kongres ini untuk pengurangan bencana. Diharapkan peningkatan pemahaman sebagai pemangku kepentingan dalam membangun kerja sama antara pihak dalam pengurangan risiko bencana dan mengintegrasikan dengan adaptasi perubahan iklim, meningkatkan partisipasi para pihak dalam upaya pengurangan risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi.

Paminuddin menjelaskan pelaksanaan kongres ini sesuai dalam UU tahun 2007 tentang pengurangan bencana, kedua peraturan pemerintah nomor urut 1 tahun 2008 pasal 8 ayat 3. Kongres ini juga merupakan salah satu kegiatan penting dan berkesinambungan dalam upaya pengurangan risiko bencana yang timbul akibat perubahan iklim.

“Kami harapkan hasil pertama kongres I ini tahun 2022 dapat memberikan penyegaran bagi kepengurusan baru dalam upaya dinamis untuk membantu mengembangkan sistem lebih luas terhadap pengurangan risiko bencana dan adaptasi perubahan iklim dalam proses pembangunan yang berkelanjutan sebagai wujud dukungan Kendari bergerak,” ungkapnya.

Reporter : Nur Shalehah & Nia Ananda