BPBD Kendari Latih 30 orang TRC PB

NEWS218 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari gelar pelatihan pengembangan kapasitas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) yang diikuti 30 orang peserta dari Basarnas dan BPBD Kendari yang bakal berlangsung sejak Selasa, 13 Desember sampai 15 Desember 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan pihaknya mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan ini. Sesuai dengan namanya TRC diharapkan dapat bertindak cepat dan ketepatan bertindak sehingga tidak menimbulkan efek saat melakukan tindakan.

“Kita harapkan dapat menyelesaikan masalah dalam situasi segenting apapun karena musibah bisa datang kapan saja,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Kendari, Paminuddin mengungkapkan kegiatan ini dilakukan dalam rangka penguatan kembali TRC-PB yang dibentuk oleh BPBD Kota Kendari.

“Ini untuk memastikan bahwa tim ini terus semangat untuk menghadapi situasi tidak bersahabat seperti cuaca ekstrim dan lainnya,” ungkapnya.

Melalui pelatihan ini peserta diberikan pemahaman dan dibekali agar saat melaksanakan tugas penyelamat tidak menjadi korban. Sebab, musibah dapat datang kapan saja sehingga tim ini harus selalu siap siaga dalam mengahadapi hal tersebut.

“Harapannya semua tim yang ada harus profesional, ikhlas, serta dapat berpikir bagaimana menyelamatkan dan melayani masyarakat Kota Kendari ketika terjadi musibah,” katanya.

Reporter: Dila Aidzin