oleh

BPBD Konawe Bersiap Hadapi Musim Penghujan

Reporter: Andis

KONAWE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe bersiap menghadapi musim penghujan tahun 2021. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya sejumlah bencana yang kerap terjadi saat musim penghujan tiba di wilayah Konawe.

“Di Konawe ini dari tahun ke tahun peristiwa bencana itu, agak mirip dari tahun-tahun lalu, banjir, tanah longsor, puting beliung masih dominan,” terang Kepala Bidang III Pasca Penanggulangan Bencana BPBD Konawe, Agus Salim di kantornya pada Jumat, 26 Februari 2021.

Untuk mengatasipasi hal tersebut, Agus Salim mengaku pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan.

“Standar kita itu tetap BMKG, jika sudah mendapatkan informasi dari BMKG bahwa intensitas hujan akan tinggi, maka kami tinggal melakukan persiapan-persiapan untuk menghadapi kemungkinan banjir atau tanah longsor,” ujarnya.

Agus juga mengungkap, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah perlengkapan yang akan digunakan saat terjadi bencana.

“Alhamdulillah untuk tahun ini kita sudah mempersiapkan perlengkapan mulai dari perahu karet, alat angkut di air sudah ada penambahan, begitu juga dengan armada-armada lain,” jelasnya.

Ia mengakui, kendala yang dihadapinya selama ini terkait dengan perlengkapan dan personel.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa dengan melihat kejadian bencana dari tahun ke tahun, terus dengan adanya penambahan-pemambahan perlengkapan kita bisa menimalisir kendala-kendala yang akan terjadi.

“Karena kendala itu, sehingga kinerja kami agak sedikit terhambat,” pungkasnya. (b)

Terkini