oleh

BPJS Ketenagakerjaan Sasar Kepesertaan Atlet Olahraga di Sultra

KENDARI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kendari menyasar kepesertaan para atlet olahraga di provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk memberikan jaminan sosial.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari, La Uno mengatakan, untuk menambah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan agar dapat memenuhi target kepesertaan di Sultra. Karena jumlah kepesertaan di Sultra belum maksimal dan masih jauh dari target yang ditetapkan.

Pihaknya menyasar para atlet dari berbagai bidang olahraga.
BPJS Ketenagakerjaan menilai bahwa atlet olahraga juga termasuk dalam kategori rentan dengan kecelakaan kerja. Khususnya bagi peserta yang mengalami cedera dilapangan.

“Kegiatan malam ini merupakan tindak lanjut MoU dari direksi BPJS Ketenagakerjaan pusat bersama KONI pusat dalam rangka menghadapi iven Asian Games sebagai stimulus yang kedepan bisa diaplikasikan di daerah,” ungkap La Uno saat ditemui di Kendari, Selasa (14/08/2018) malam.

“Karena untuk atlet Indonesia yang berlaga di Asean Games harus di lindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan pada saat latihan sampai mereka bertanding. Jadi, resiko apapun yang terjadi kepada para atlet menjadi tanggungan BPJS Ketenagakerjaan,” ucapnya.

Dia menuturkan, adapun manfaat BPJS Ketenagakerjaan yakni untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada para pelaku olahraga yang sedang berlatih atau bertanding.

“Selama ini para atlet pada saat jaya masih diperhatikan, sedangkan pada saat mengalami resiko itu kadang di lupakan. Olehnya itu harus terkafer di BPJS Ketenagakerjaan, agar bisa terlindungi dan terjamin jika disisi lain ada resiko bagi pelaku olahraga,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, BPJS Ketenagakerjaan dalam waktu dekat akan menginformasi kepada pihak KONI provinsi Sultra terkait kepesertaan pelaku olahraga dalam menghadapi pekan olahraga provinsi (Porprov) yang akan diselenggarakan di Kolaka.

“Untuk daftar atlet kurang lebih 1.200 pelaku olahraga di Sultra dengan program yaitu program jaminan kecelakaan (JKK) dan jaminan kematian (JKM). Dengan adanya kegiatan olahraga di Kolaka, ketua koni Sultra Lukman Abunawas sudah melakukan MoU bersama BPJS Cabang Kendari untuk saling bersinergi dalam memberikan jaminan bagi para pelaku olahraga,” tutupnya.(a)


Reporter : Waty

Terkini