oleh

BPJS Ketenagakerjaan Sultra Ungkap BSU Segera Cair

-NEWS-95 dibaca

KENDARI – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia (RI) sesuai rencana bakal segera mencairkan Bantuan Sosial (Bansos) melalui skema Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp 1 juta atau bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji tahap enam pada November 2021 ini.

Penyaluran bantuan BSU akan diberikan kepada masyarakat sebanyak 1,2 juta orang. Khusus wilayah Kota Kendari, bantuan tersebut akan diberikan kepada kurang lebih empat ribu orang.

Kepala BPJS ketenagakerjaan Sultra, Minarni Lukman mengatakan nominal upah atau gaji yang akan diterima oleh pekerja atau buruh sebesar Rp 500 ribu selama 2 bulan yang akan diberikan secara sekaligus dengan jumlah RP 1 juta.

Pramuka

“Kategori penerima bantuan adalah para pekerja formal yang memiliki badan usaha secara hukum, bukan yang bekerja informal,” ungkap Minarni Lukman Kamis, 25 November 2021.

Minarni menerangkan pekerja atau buruh yang layak mendapat bantuan BSU itu memiliki syarat khusus sesuai yang ditetapkan oleh Kemnaker melalui kategori pekerja dalam wilayah yang memasuki tahap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4.

“Termasuk wilayah Kendari karena di bulan enam itu penarikan data sehingga itu menjadi penentuan dan kebetulan saat bulan juni waktu itu Kendari masuk pada kategori level 3,” ujarnya.

Ia membeberkan penerima BSU diseleksi langsung Kemnaker berdasarkan layak atau tidak layak. Sebab ada kriteria-kriteria tertentu yang menjadi penilaian untuk mendapatkan bantuan. Pengecekan pencairan bantuan BSU juga bisa dicek langsung melalui halaman website resim Kemnaker.

“Pertama, pekerja bisa melakukan pengecekan secara berkala rekening bank Himbara yang sudah dibuat. Kedua, pekerja bisa melakukan pengecekan melalui tautan https:kemnaker.go.id dan login menggunakan akun yang dimiliki,” katanya.

Ia menambahkan yang ketiga, pekerja bisa melakukan pengecekan melalui tautan https:bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id bagi yang memiliki BPJSTK, cek melalui link tersebut apakah sudah ada tanda pencairan BLT subsidi gaji Rp 1 juta.

 

Penulis : Muhammad Ismail

Terkini