NEWS

BPN Kendari: Sertifikat Tanah Bisa Dongkrak Ekonomi Masyarakat

340
×

BPN Kendari: Sertifikat Tanah Bisa Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Kepala Kantor Badan Pertanahan Kota Kendari, Irwan Idrus (Tengah Kiri), saat mamaparkan materi terkait PTSL. Foto: MEDIAKENDARI.com

Reporter: Ferito Julyadi

KENDARI – Kepemilikan tanah bagi masyarakat menjadi faktor pendukung untuk mendongkrak pengembangan ekonomi, baik melalui akses keuangan dan permodalan usaha maupun hal lainnya.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Kota Kendari, Irwan Idrus dalam rapat koordinasi (Rakor) program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di salah satu hotel Kendari, Rabu 12 Februari 2020.

“Bagi masyarakat yang sudah memiliki sertifikat tenah, tentu akan berpengaruh terhdap ekonomi mereka. Mereka dapat membuka dan mengembangkan usaha tanpa takut akan adanya sengeketa dikemudian hari,” kata Irwan Idrus.

Irwan juga menuturkan, pendaftaran tanah memberikan konstribusi besar bagi pendapatan negara. “Kepemilikan sertifikat tanah sangat penting. Pembangunan kota pun bergantung pada ketersediaan tanah,” ujarnya.

Dijelaskannya juga, Kantor Pertanahan Kota Kendari akan melaksanakan program PTSL di tahun ini, dengan berupaya mendata lahan dan aset masyarakat yang belum memiliki disertifikatkan.

“Dalam pendaftaran tanah, tentu akan dikenakan dan itu bisa menjadi pendapatan negara. Contohnya, BPHTB masuk ke kas negara dan menjadi pajak daerah,” tutupnya.

You cannot copy content of this page