BPN Kendari: Sertifikat Tanah Bisa Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Reporter: Ferito Julyadi

KENDARI – Kepemilikan tanah bagi masyarakat menjadi faktor pendukung untuk mendongkrak pengembangan ekonomi, baik melalui akses keuangan dan permodalan usaha maupun hal lainnya.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Kota Kendari, Irwan Idrus dalam rapat koordinasi (Rakor) program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di salah satu hotel Kendari, Rabu 12 Februari 2020.

iklan KAPOLDA MASKER

“Bagi masyarakat yang sudah memiliki sertifikat tenah, tentu akan berpengaruh terhdap ekonomi mereka. Mereka dapat membuka dan mengembangkan usaha tanpa takut akan adanya sengeketa dikemudian hari,” kata Irwan Idrus.

Irwan juga menuturkan, pendaftaran tanah memberikan konstribusi besar bagi pendapatan negara. “Kepemilikan sertifikat tanah sangat penting. Pembangunan kota pun bergantung pada ketersediaan tanah,” ujarnya.

Dijelaskannya juga, Kantor Pertanahan Kota Kendari akan melaksanakan program PTSL di tahun ini, dengan berupaya mendata lahan dan aset masyarakat yang belum memiliki disertifikatkan.

“Dalam pendaftaran tanah, tentu akan dikenakan dan itu bisa menjadi pendapatan negara. Contohnya, BPHTB masuk ke kas negara dan menjadi pajak daerah,” tutupnya.

iklan KAPOLDA HARI KESEHATAN DAN BIDAN

Video

BERITA TERKINI

METRO KENDARI

BERITA TERKINI

KOLAKA RAYA

BERITA TERKINI

SOSOK

KONAWE RAYA

TAJUK

Satu dari 16 Perempuan Alami Seks Pertama Kali Karena Diperkosa

INTERNASIONAL - Bagi lebih dari 3,3 juta anak perempuan dan perempuan di Amerika, hubungan seks untuk pertama

BERITA TERKINI

BUTON RAYA

PERISITIWA

BERITA TERKINI