Buka MTQ ke-4, Bupati Konkep: Kuatkan Ukhuwah Islamiah Dikalangan Umat

Reporter : Ajad Sudrajad

LANGARA – Ribuan warga di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra) antusias mengikuti pawai taaruf dalam rangka pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-4 tingkat daerah.

Agenda syiar islam tersebut dibuka langsung Bupati Konkep Ir H Amrullah MT didampingi Wakilnya Andi Muhammad Lutfi SE, MM bersama jajaran OPD lingkup Pemda setempat dihalaman Perkantoran Bupati Konkep., Selasa, 21/1/2020.

Dalam sambutannya, H Amrullah mengatakan MTQ merupakan bagian dari program pembinaan kehidupan beragama dan peningkatan syiar islam sebagai bagian dari pembangunan nasional.

Hal itu, khususnya bagi kaum muslimin dan muslimah sebagai upaya perwujudan rasa cinta kepada sang pencipta Allah SWT dan junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

“Gelaran MTQ ini diharapkan dapat terjadi pembelajaran, pengkajian, dan pengamalan nilai-nilai ilmiah dan amaliyah yang terkandung dalam kitab suci alquran,” papar H Amrullah.

Ia juga menjelaskan, MTQ juga merupakan kegiatan strategis, dan ajang seni baca alquran yang telah melembaga dan membudaya dalam kehidupan masyarakat dan berbangsa.

Untuk itu, lanjutnya, ajang MTQ ke-4 ini diharapkan bisa memilih bibit terbaik yang akan diutus mewakili daerah pada ajang MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Konawe Selatan.

“Yaitu para Qari-Qariyah, Hafidz-Hafidzah, Mufasir-Mufazirah terpilih dan berprestasi, serta para cabang lainnya,” kata H Amrullah.

Amrullah juga berharap, selain untuk berkompetisi juga mengedapankan rasa solidititas, persaudaraan, dan menguatkan ukhuwah islamiah dikalangan umat.

“Selamat berkompetisi untuk mengukir prestasi gemilang, dan mengedapankan rasa solidititas, persaudaraan, dan ukhuwah islamiah sebagaimana makna MTQ yang kita musabakan ini,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Hj Siti Sulaeha Abbas mengungkapkan, MTQ ke-4 tingkat Konkep ini digelar selama tiga hari mulai 21 sampai dengan 23 Januari 2020.

“Jenis lomba di MTQ ini terbagi dibeberapa cabang seperti, Tartil Quran, Tilawah Quran, Hifzil Quran, Qira’ah Mujawwad, Qiraah Murattal,” jelasnya.

Hadir dalam pembukaan MTQ ini, Ketua DPRD Konkep bersama Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, dan Ketua Komisi I, Sekretaris Daerah (Sekda), Asisten I, II, III dan para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, dan Kepala Desa, tingkat Konkep. (adv)

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total