oleh

Buka Mubes ISMJ, Senawan Silondaae Minta Generasi Muda Jawa Turut Serta Bangun Sultra

Reporter: Wa Ode Halmina
Editor: Kang Upi

KENDARI – Wakil Ketua DPRD Konawe Selatan, Senawan Silondae meminta mahasiswa Jawa turut membangun Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal itu disampaikan Senawan, saat membuka musyawarah besar Ikatan Silaturahmi Mahasiswa Jawa (ISMJ), Minggu (21/10/2019).

Bertempat di SMK Telkom Kendari, Sultra, musyawarah yang mengusung tema ‘Silaturahmi Demi Mewujudno Arek Mahasiswa Jowo Seng Rukun Sedulura Selawase’ ini, dihadiri sekitar 50 mahasiwa dari berbagai kampus yang berbeda.

“Generasi-generasi muda itu harus aktif ikut atau turun melakukan pembangunan di daerah masing-masing, apalagi ini adalah musyawarah besar se-Sultra,” kata Senawan.

Bakal Calon Bupati Konsel ini juga menjelaskan, dirinya mengapresiasi keberadaa ISMJ, karena mahasiswa memiliki logika dan rasionalitas lebih ilmiah dalam setiap pergerakan suatu tindakan.

“Saya berharap ISMJ ini bisa memberikan kontribusi dan warna di Sulawesi Tenggara utamanya di Konawe Selatan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum ISMJ, Bayu Tri Santoso menjelaskan, ISMJ terbentuk, agar budaya Jawa bisa bertahan dikalangan pemuda di Sultra. Selain itu, untuk membentuk sumber daya manusia, khususnya pemuda Jawa yang berkualitas dan mampu bersaing.

BACA JUGA:

“Jadi intinya, ISMJ ini berperan sebagai wadah untuk mempertahankan identitas budaya agar tidak hilang dengan menghargai perbedaan budaya tentunya,” kata Bayu.

Hal senada juga disampaikan, salah seorang Dewan Pendiri ISMJ, Yoyok Wahyu Lianto, agar ISMJ 1bisa menjadi wadah untuk organisasi kebudayaan Jawa yang mempunyai ciri khas yang menampilkan sopan santun.

“Harapan saya semoga kedepannya pengurusan ini bisa membuat anggota ISMJ lebih baik lagi dan lebih membuat warna bagi masyarakat,” ujar Yoyok. (B)

Terkini