NEWS

Buka Rakercab IBI Konsel, Bupati Surunuddin : Bidan Membantu Melahirkan SDM Unggul

872
×

Buka Rakercab IBI Konsel, Bupati Surunuddin : Bidan Membantu Melahirkan SDM Unggul

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga membuka Rapat Kerja Cabang (Rekercab) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Konsel ke-I. Rakercab itu dilaksanakan di auditorium lantai III kantor Bupati Konsel, Kamis 16 Februari 2023.

Rakercab IBI konsel mengangkat tema “Konsolidasi Organisasi IBI dalam menghadapi perkembangan pelayanan kesehatan ibu dan anak”. Dimana turut hadir dalam acara itu Wakil Bupati Konsel Rasyid, Sekda Konsel Hj St Chadjidjah Kadis Kesehatan dr Boni Lambang Pramana, Ketua IBI Sultra Maswati Majid, Ketua IBI Konsel Herni Hasim, para kepala OPD.

Surunuddin Dangga dalam sambutannya menyampaikan bahwa bidan merupakan salah satu profesi yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Khususnya dalam membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan salah satu visi misi Pemkab konsel yaitu peningkatan pelayanan kesehatan dan sumber daya manusia (SDM) untuk melahirkan SDM yang berkualitas unggul dan berdaya saing.

“Untuk menciptakan SDM yang unggul tentu dimulai dari anak-anak kita bahkan sejak sebelum lahir sehingga peran bidan memang sangat vital dan tentu kami tahu betul bagaimana perjuangan para bidan di konsel dalam membantu masyarakat khususnya para ibu hamil yang ingin melahirkan,” ungkap Surunuddin.

Ia berharap IBI bisa bersinergi dengan Pemda dan seluruh stakeholder agar pendayagunaan Bidan bisa maksimal. Ia meminta agar pelaksanaan Rakercab IBI konsel saat ini dapat berkelanjutan di tahun berikutnya guna menumbuhkan jiwa korsa dalam mengembangkan organisasi tersebut. Selain itu juga sebagai ajang silahturahmi se-profesi.

“Dengan dilaksanakannya Rakercab ini tentu berharap organisasi IBI di konsel dapat melahiran regenerasi kepengurusan yang mampu menaungi semua anggota dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Ketua IBI Konsel, Herni Hasim menjelaskan Rakercab IBI Konsel ini merupakan wadah atau forum dalam organisasi Ikatan Bidan Indonesia yang bertujuan mengevaluasi serta menyempurnakan rencana kerja ditengah periode kepengurusan.

Kata Herni, pihaknya menyiapkan usulan untuk kongres yang akan datang, juga merupakan wahana konsolidasi dan pembinaan organisasi kepada tingkat ranting dan anggota.

“Adapun kegiatan-kegiatannya itu adalah konsultasi dan pembinaan tugas-tugas organisasi di setiap jenjang kepengurusan, kolaborasi dengan instansi terkait, kolaborasi dengan organisasi profesi kesehatan dan organisasi perempuan, kolaborasi dengan unsur lainnya yang turut serta di dalam membantu tugas-tugas organisasi pada umumnya dan tugas sebagai bidan pada khususnya,” jelasnya.

Ditempat sama, Kepala Dinas Kesehatan Konsel, dr Boni Lambang Pramana menambahkan IBI Konsel  merupakan salah satu organisasi profesi, dimana usianya sudah tidak muda lagi, pada tanggal 24 Juni mendatang IBI genap berusia 71 Tahun.

” Untuk di konsel sendiri, IBI memang baru dibentuk, dan hari ini merupakan Rakercab IBI yang pertama di usia konsel yang akan memasuki 20 tahun. IBI Konsel menaungi sebanyak 562 Bidan, diantaranya Bidan ASN 270 orang,P3K 27 orang dan Bidan Non ASN sebanyak 265 orang,” ungkap Boni.

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page