Buku Dosen UHO Terpilih Jadi Naskah Terbaik

Reporter : Rahmat R.

KENDARI – Buku berjudul Menuju Masa Depan Desa (Sebuah Strategi Membangun Desa Terpadu)” karya akademisi Universitas Halu Oleo (UHO), Dr Peribadi terpilih sebagai naskah terbaik oleh Penerbit Deepublish Yogyakarta.

Naskah dipilih dalam kompetisi yang digelar Penerbit Deepublish Yogyakarta untuk memperingati satu dekade penerbit buku papan atas tersebut.

Dr Peribadi merupakan dosen yang seharinya mengajar di jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UHO.

“Karena strategi yang di kembangkan mengacu dari epistemologi profetik yang digunakan Rasulullah dalam membangun SDM dan Perkampungan Madani. Mungkin alasan jadi buku terbaik,” kata Dr Peribadi, Jumat 27 Maret 2020.

Menurutnya, kedepannya buku yang ditulisnya diharapkan bisa mencerahkan para konsultan dan para pendamping dana desa. Sebab, geliat deforestasi yang berkelindan dengan dekulturisasi membuat terjadinya degradasi sosial di desa.

“Betapa alam perdesaan kini, tidak hanya kehilangan satwa serta punahnya keindahan jenis fauna lainnya nan mempesona itu,” terangnya.

Ia juga menyebut warga perdesaan mulai kehilangan rasa bersatunya dengan alam sekitarnya. Padahal alam semesta merupakan bagian integral dari dirinya sendiri, sehingga merusak alam adalah berarti merusak sekunjur tubuhnya.

“Sungguh menyedihkan, karena hampir semua komponen masyarakat, terutama kaum elite yang diamanahi tugas dan tanggung jawab, seakan tak peduli lagi dengan keselamatan ekosistem dan lingkungan sosial budaya kita,” tutupnya.

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda