Bupati Butur Ajak Pendamping Desa Tingkatan Pembangunan dan Kesejahteraan Desa

Reporter: Safrudin Darma

Editor : Kang Upi

BURANGA – Bupati Buton Utara, Abu Hasan meminta Pendamping Desa untuk turut mengangkat kesejahteraan masyarakat desa adalah melalui program Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Hal ini diungkapkan Abu Hasan saat memimpin rapat bersama tenaga ahli pendamping desa tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa di Aula Setda Buton Utara, Kamis (16/5/2019)

Dalam rapat yang dihadiri pendamping desa dari enam kecamatan se Butur ini, Abu Hasan juga menekankan pentingnya Bumdes mengelola komoditas unggulan di desa.

Fortune

“Mengelola komoditas unggulan desa dan mendorong peningkatan pendapatan desa, dengan demikian desa bisa berkembang, maju, dan mandiri,” jelasnya.

Abu Hasan juga menjelaskan, bahwa permasalahan yang dihadapi desa, umumnya terkait kendala pencairan dana desa akibat administrasi pelaporan ataupun keterbatasan SDM.

“Diharapkan Pendamping desa dan DPMD bersama-sama melakukan pendampingan, memfasilitasi, dan melakukan penguatan baik secara kelembagaan maupun sumber daya manusia aparaturnya, dengan dilandasi regulasi yang ada,” tambahnya.

Selain itu, Ketua KAHMI Sultra ini juga berpesan bagi pendamping desa untuk melawan paradigma dan mindset pemerintah desa yang menganggap bahwa dana desa akan berkurang kalau desanya mengalami kemajuan.

“Paradigma ini harus dirubah, jangan beranggapan bahwa mempertahankan desa tetap miskin akan mendapat kucuran dana tanpa pengurangan. Inilah cara berpikir yang keliru, sebenarnya pemerintah memberikan penghargaan dan reward yang lebih besar lagi bagi desa yang maju dan mandiri,” tutupnya. (A)

Video

BERITA TERKINI

METRO KENDARI

BERITA TERKINI

KOLAKA RAYA

BERITA TERKINI

SOSOK

KONAWE RAYA

TAJUK

Satu dari 16 Perempuan Alami Seks Pertama Kali Karena Diperkosa

INTERNASIONAL - Bagi lebih dari 3,3 juta anak perempuan dan perempuan di Amerika, hubungan seks untuk pertama

BERITA TERKINI

BUTON RAYA

PERISITIWA

BERITA TERKINI