oleh

Bupati Butur Komitmen Kembangkan Kompetensi Klasikal

 

Reporter : La Ode Yus Asman
Editor : Ardilan

BUTON UTARA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) berkomitmen melakukan pengembangan kompetensi klasikal melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM) di daerah itu.

Komitmen itu disampaikan Bupati Butur, Drs H Muhammad Ridwan Zakariah saat mengikuti pemaparan rencana aksi pembekalan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada para kepala daerah sekelas Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota angkatan I-IV gelombang pertama dan kedua.

“Melalui pelatihan seminar , workshop, kursus, bimbingan teknis, sosialisasi, orientasi dan pembekalan. Sedangkan kompetensi non klasikal seperti e-learning pelatihan jarak jauh data shering dan bentuk pelatihan lainnya belum dapat dilaksanakan mengingat keterbatasan sumber daya kabupaten Butur,” kata Bupati Butur Ridwan Zakariah via zoom, Rabu 04 Agustus 2021.

Ridwan Zakariah mengaku komitmen tersebut akan diwujudkan dalam rencana aksi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Butur tahun 2022-2024 dilaksanakan dalam rangka visi dan misi kepala daerah karena merupakan kompilasi program kegiatan dan sub kegiatan yang termuat dalam RPJMD Butur tahun 2021-2026 dan Renstra perangkat daerah lingkup kabupaten Butur tahun 2021-2026 yang dimulai tahun 2022 mendatang.

“Rencana aksi ini akan terus di evaluasi dan direview oleh inspektorat Butur setiap tahunnya, dimonitoring oleh BKPSDM Butur sehingga capaian bisa dijaga konsistensinya sesuai target yang direncanakan,” ujar politisi PAN.

Ia menambahkan pengembangan SDM dinilai penting dilakukan Pemda untuk menjaga kualitas, kompetensi serta lahirnya inovasi dan pembangunan.

Sebagai informasi kegiatan tersebut turut didampingi oleh Wabup Butur, Ahali, Pj Sekda Butur, Yuni Nurmalawati, Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat, Mohammad Amaluddin Mokhram, Kepala Badan Keuangan Daerah, Tasir.

Hadir pula tim penyusun aksi Kepala Daerah yang terdiri dari Kepala Bappeda Butur, Harmin Hari, Kepala BKPSDM Butur, La Nita. (b).

Terkini