oleh

Bupati Koltim: Kades Dilarang Ganti Bendahara dan Operator Desa

Reporter : Jaspin

Editor : Kang Upi

KENDARI – Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah, menegaskan bakal memberi teguran keras kepada para Kepala Desa (Kades) jika mengganti Bendahara dan Operator Desa.

Hal ini disampaikan Tony saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang diikuti 117 Bendahara dan Tenaga Operator Desa se Kabupaten Koltim.

“Saya himbau kepada para Kades, agar tidak mengganti bendaharanya. Jangan hanya persoalan senang dan tidak senang, lantas main ganti begitu saja,” tegas Tony dihadapan peserta Bintek.

Sebab jika pergantian dilakukan, lanjut Tony, maka akan ada masalah besar yang terjadi. Karena, jika Kades asal main ganti saja, bisa berdampak pengurusan laporan keuangan desa terbengkalai.

“Jadi saya menghimbau kepada para Kades, agar tidak asal main ganti saja. Jika itu terjadi maka saya tidak main-main untuk memberikan teguran keras,” ujarnya.

Tony juga memita peserta yang mengikuti pelatihan selama empat hari itu, untuk menyerap ilmu yang diberikan pemateri. Dengan harapan, setelah pulang dari pelatihan mampu mengaplikasikan bagaimana cara pengelolaan keuangan desa.

“Jangan pulang kalau tidak membawa ilmu. Jangan pulang kalau tidak mengetahui sistem pertanggung jawaban keuangan desa,” tegasnya lagi.

Menurutnya, dalam pengelolaan anggaran Dana Desa (DD) kedepan, sudah masuk dalam program Non Tunai. Selain itu, juga bakal menjadi objek pemeriksaan KPK (Obrik). Sehingga pelatihan ini harus diikuti dengan baik.

“Pelaporan sistem DD sudah semakin disederhanakan. Jadi pelaporanya sangat berbeda dengan pelaporan keuangan lainya. Dan ini merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo,” jelasnya.

Baca Juga :

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, Hanaruddin, menjelaskan, bahwa Bimtek Siskuides berlangsung mulai tanggal 3 hingga 6 April 2019.

“Kegiatan ini bekerja sama antara DPMD dan Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Koltim, serta dari Lembaga IO,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir BPKP perwakilan Sultra, Listiyono Kepala Bidang Pemerintahan, Wakil Ketua DPRD Koltim Tajuddin, Asisten II Ansarullah, Kadis BKD Martha Surya Hutapea, Kadis Kominfo I Nyoman Abdi, dan seluruh camat se Kabupaten Koltim. (A)

Terkini