HEADLINE NEWSKONAWESULTRA

Bupati Konawe: Sektor Pertanian Solusi Kurangi Pengangguran

310
×

Bupati Konawe: Sektor Pertanian Solusi Kurangi Pengangguran

Sebarkan artikel ini
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa ( baju hitam )

Redaksi

UNAAHA – Penyerapan tenaga kerja yang terus menurun, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mencari solusi pemecahannya. Salah satu cara yang tengah dilakukan saat ini yakni dengan memperbanyak lapangan kerja di sektor pertanian dan peternakan.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, dalam rangka mendukung program pemerintahan pusat untuk mengurangi kesenjangan ekonomi, salah satu strategi yang dijalankan daerah yang dipimpinnya adalah mengenjot sektor pertanian dan peternakan, guna mengurangi angka pengangguran di daerah lumbung pangan Sultra itu.

“Sektor pertanian Konawe sangatlah menjanjikan. Sehingga sektor ini butuh penanganan serius, agar dapat mensejahterakan ekonomi masyarakat Konawe. Disamping itu, Pertanian juga merupakan solusi untuk mengurangi angka pengangguran di Konawe,” terangnya kepada Mediakendari.com belum lama ini.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu optimis, sektor pangan ini digarap secara serius, akan membuka banyak lapangan kerja sehingga mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja di Konawe. Sebab Konawe memiliki banyak lahan tidur yang belum termanfaatkan

“Saat ini masih banyak sekali lahan kosong di Konawe yang bisa dimanfaatkan. Ditambah lagi harga jual lahan masih tidak terlalu mahal. Kenapa tidak kita galakkan sektor pertanian, peternakan dan perkebunan untuk mengurangi angka pengangguran,” kata Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Dijelaskannya, potensi di sektor pertanian sangatlah menjanjikan untuk peningkatkan perekonomian masyarakat. Hal tersebut juga sejalan dengan Program pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten untuk mengembangkan sektor strategis ini.

“Kita akan sinkronkan program Nasional dengan program Kabupaten dan Provinsi. Karna efek dari program yang dijalankan oleh pak Presiden akan berdampak baik dengan Kabupaten,” terangnya.

Menurutnya, tidak ada satu pun Daerah yang bisa membangun tanpa memberi perhatian yang memadai pada sektor yang berkaitan dengan pangan tersebut. Karena sebagian besar tantangan ekonomi yang dihadapi di Konawe saat ini adalah akibat diabaikannya lahan-lahan pertanian.

“Tapi dengan adanya komimtmen kita untuk terus mengembangkan sektor ini, maka kebijakan tersebut akan membuat bisnis di bidang pertanian menjadi lebih menguntungkan dan menarik minat para investor untuk menanamkan modalnya di sektor ini. Dengan demikian secara bertahap akan meningkatkan pendapatan daerah kita,” tutupnya.


You cannot copy content of this page