KONAWE SELATAN

Bupati Konsel Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah Untuk Warga Wolasi

271
×

Bupati Konsel Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah Untuk Warga Wolasi

Sebarkan artikel ini
Foto bersama
Foto bersama usai menyerahkan sertifikat secara simbolis.

Reporter: Erlin

WOLASI – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga membagikan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah (Redist) di Desa Lelekaa Kecamatan Wolasi, Rabu 2 September 2020.

Sertifikat untuk 1.080 bidang tanah tersebut diserahkan secara simbolis. Untuk PTSL di Desa Aoma sebanyak 149 bidang dan Desa Amoito Jaya sebanyak 285 bidang. Selanjutnya untuk program Redist, 485 sertifikat di Desa Lelekaa dan 161 di Desa Ranowila.

Dikesempatan tersebut, Surunuddin Danga menuturkan, bahwa sertifikat yang diterima secara gratis itu merupakan hasil kerjasama Pemda Konsel dan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Sertifikat itu sebagai hak milik pribadi yang memiliki nilai berharga dan telah diakui keabsahannya secara hukum. Olehnya itu, simpan dan manfaatkan sebaik mungkin demi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan,” kata Surunuddin.

Sementara itu, dihari yang sama Surunuddin Danga juga berkesempatan meresmikan gedung balai rakyat di Desa Mata Wolasi.

Peresmian dilakukan dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Konsel didampingi Kades Mata Wolasi, Dahlan, disaksikan unsur Forkopimda dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Surunuddin meminta agar gedung dimanfaatkan sebaik mungkin dalam menjalankan roda pemerintahan, dan untuk peningkatan pelayanan ke masyarakat.

“Jadikan sebagai pusat informasi dan kegiatan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan serta dan menjadi ruang pembelajaran bersama dalam mendukung gerak laju pembangunan desa,” jelasnya.

Dirinya berharap gedung baru tersebut mampu menaikkan mutu dan kualitas kerja aparatur, serta dapat mempercepat sistem pelayanan dan pembinaan masyarakat.

“Adanya balai desa yang baru, bisa memotivasi dan meningkatkan mentalitas kinerja aparat desa menjadi lebih prima, sehingga semua kebutuhan masyarakat terpenuhi dalam meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

Sementara itu dalam laporannya, Kades Mata Wolasi, Dahlan menyampaikan bahwa anggaran pembangunan gedung bersumber dari Dana Desa tahun 2019 dan tahun 2020 sebesar Rp. 495.715.600.

Rinciannya, untuk tahun 2019 senilai Rp 315 juta ditambah dana Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Rp. 35.944.000, serta tahun 2020 Rp. 180.715.600 plus PKTD Rp. 58.210.000.

Kegiatan tersebut turut dihadiri anggota DPRD Konsel, Ahmad, Kapolsel Wolasi, IPDA Taufik dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah Daerah. (1/1)

You cannot copy content of this page