NEWS

Bupati Konsel Bertekad Memajukan Wilayah Terisolir

604
×

Bupati Konsel Bertekad Memajukan Wilayah Terisolir

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Tekad Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga dalam mengembangkan wilayah-wilayah terisolir di daerahnya terus memberikan bukti nyata. Seperti fakta, sukses membangun akses jalan penghubung Kecamatan Moramo- Laonti, yang saat ini masih terus digenjot progres peningkatannya.

Pengembangan itu tak sampai satu item saja, akan tetapi semua sektor penunjang konsep desa maju konsel hebat terus dibangun di daerah tersebut. Hal tersebut dilakukan Bupati Surunuddin guna menunjang peningkatan ekonomi daerah dan masyarakat.

“Membangun daerah itu harus tuntas, jangan setengah-setengah diupayakan semua sektor pendukung terpenuhi fasilitasnya,” kata Surunuddin kepada Camat Laonti Papalaki saat berdiskusi dalam perjalanan menuju desa Cempedak melalui jalur laut dengan menggunakan kapal KM 01 Konawe Selatan, Rabu 13 Maret 2023.

Olehnya itu mantan ketua KADIN kota kendari ini mengaku bakal segera membangun jaringan listrik untuk menerangi kecamatan Laonti dan desa-desa terhubung. “Setelah jalan kita masukan lagi jaringan listrik,” ujar Surunuddin.

Sementara untuk desa di wilayah pesisir, lanjut Surunuddin, mengatakan akan membangun akses jalan penghubung yang terhubung ke desa pesisir lainnya. Yang progresnya akan di kerjakan tahun ini juga oleh Tentara Masuk Desa (TMD).

“Tugas pemerintah serempat dan masyarakat hari ini adalah mendukung program pemerintah dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat, serta menyampaikan ide, kendala, dan inovasi dari berbagai sektor,” pesannya.

Sementara untuk disektor peningkatan fasilitas kesehatan ujar Politisi Golkar ini, Pemerintah telah membangun Pusat kesehatan masyarakat yang ditempatkan di desa strategis yaitu tambolosu dengan status Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) atau dengan kata lain Puskesmas setara Rumah Sakit Umum.

“Disektor pendidikan pemerintah terus mendorong peningkatan fasilitas pembangunan sekolah, yang didukung oleh program pengangkatan Guru Tetap dengan fokus pemberdayaan tenaga pengajar lokal,” terang Surunuddin.

Demikian juga di Sektor peningkatan Digitalisasi desa, pemerintah telah menjalin kerja sama dengan sala satu provider perusahaan Penyedia jasa Internet yang saat ini terus ditingkatkan kekuatan jaringannya.

“Sejak tahun lalu BTS sudah dibangun dilaonti jaringan internet sudah ada. namun pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan agar bisa diakses di semua desa di kecamatan Laonti,” bebernya.

Jika semua sektor pembangunan itu sudah maksimal tentu dampaknya pada tingkat perekonomian daerah Laonti semakin meningkat. Sebab tambah Surunuddin, wilayah tersebut memiliki potensi mulai dari pertanian,peternakan, perikanan, pertambangan bahkan potensi wisata.

“Dengan maksimalnya pembangunan itu, Tentu kecamatan Laonti tidak akan lagi disebut sebagai daerah terbelakang atau terisolir,” pungakas.

Penulis:Erlin.

You cannot copy content of this page