oleh

Bupati Konsel Dapat Penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia dari IGI

Reporter: Rahmat R.

JAKARTA – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, mengaku bangga mendapat penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia dari Ikatan Guru Indonesian (IGI), yang diterimanya di Jakarta Convention Center (JCCl), Jumat (20/09/2019).

Kata dia, penghargaan tersebut adalah bagian dari kepedulian IGI atas kerja keras Konawe Selatan dalam mendorong sektor pendidikan.

“Alhamdulillah kita bangga dan dihargai oleh IGI di Konsel ini. Prestasi ini adalah apa yang kita lakukan dan kita canangkan selama ini di Konsel,” katanya.

Surunuddin berjanji, kedepannya akan mendorong sektor pendidikan di Konsel agar lebih baik, terutama proses belajar mengajar.

Selain itu, Pemda Konsel akan meningkatkan sektor pendidikan utamanya soal kapasitas guru, kepala sekolah, tenaga didik, dan beasiswa untuk para pelajar.

“Sektor pendidikan secara keseluruhan di Konsel dianggarkan sebanyak 20-25 persen di APBD Konawe Selatan pada tahun 2019 ini. Jadi perhatian pemerintah Konsel sangat tinggi,” jelas politisi Golkar ini.

Ia mengungkapkan, saat ini, angka putus sekolah (APS) mulai rendah karena adanya Konsel Cerdas. Bahkan, beberapa waktu lalu, guru-guru di Konsel baru pulang dari Malaysia dan Singapura, dan hal itu adalah bagian dari peningkatan kapasitas guru.

BACA JUGA: Wagub Sultra Dapat Penghargaan Anugrah Pendidikan Indonesia dari IGI

“Mereka training di luar negeri. Kita tidak sembarang kalau dalam pendidikan,” ujar Surunuddin.

Hal sama dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Konsel, Saifuddin. Menurut dia, di bidang pendidikan, saat ini di Konsel ada program digitalisasi sekolah.

“Bupati membuat kebijakan di daerah pesisir dan pedalaman akan ada internet. Saat ini dalam penggagasan,” ungkapnya.

Menurut dia, Bupati Konsel masuk nominasi Anugerah Pendidikan Indonesia karena pihaknya menyampaikan sejak 2017 lalu bidang pendidikan di Konsel melakukan banyak terobos baru.

“Dan kami masuk 10 besar nasional, kami sudah membuat program pendidikan dalam aplikasi,” terangnya. (B)

Terkini