HEADLINE NEWSKONAWE SELATANNEWSPENDIDIKANSULTRA

Bupati Konsel Launching Taman Bermain Anak di Moramo

498
×

Bupati Konsel Launching Taman Bermain Anak di Moramo

Sebarkan artikel ini
Suasana Launching Taman Bermain Anak di Keluruhan Lapuko, Kecamatan Moramo. Foto : Ist

Reporter : Erlin

MORAMO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST.,MM di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. Drs. H. Sjarif Sajang,M.Si meluncurkan Taman Bermain Anak di Kelurahan Lapuko, Kecamatan Moramo, Sabtu (13/7/2019).

Pembuatan wahana permainan anak ini di gagas oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemenuhan Hak Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) ,  Hj. Ariyati Sjarif, SKM, dalam rangka implementasi proyek perubahan sebagai bagian dari pelaksanaan Diklatpim III Angkatan 1 Tahun 2019 pada Badan PSDM Provensi Sulawesi Tenggara bekerjasama dengan BKD Konawe Selatan.

Yang mana, TBA ini berguna sebagai bentuk pembelajaran anak untuk meningkatkan kemampuan kognitif, emosi dan sosial, sekaligus sebagai bentuk ekplorasi anak di lingkungan sekitarnya.

“Saya atas nama pribadi dan Pemda mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pembangunan TBA ini melalui proyek perubahan salah satu reformer Diklatpim Dinas P3A, untuk memperkenalkan dan menunjukkan kemasyarakat betapa pentingnya hak dan kebutuhan anak yang harus dipenuhi demi membentuk karakter anak yang baik dan cerdas,” ujar Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengawali sambutannya.

Ini juga sebagai salah satu upaya Pemda Konsel melalui Dinas P3A dalam memberikan peluang terbaik dan tempat yang aman bagi anak-anak, sambungnya, untuk mengeksploitasi dan menyalurkan haknya dengan bermain dan belajar serta bereksperimen sebagai anak usia dini.

Dimana, lanjut Surunuddin, anak sebagai aset dan harapan masa depan yang tak ternilai harganya, olehnya itu kita sebagai orang tua, guru dan pendidik bahkan pemerintah mempunyai andil dan kewajiban untuk memperhatikan hak-hak anak-anak kita.

Untuk itu kita mengalokasikan dana khusus untuk membangun TBA ini, yang merupakan salah satu amanah UU RI No 10 tahun 2012 tentang Konvensi hak anak, bahwa pemerintah harus hadir dalam pemenuhan hak-hak anak.

BACA JUGA :

“Dan selaku Bupati saya sangat memperhatikan amanah ini, yang akan terus melanjutkan program seperti ini, dengan target semua Desa, Kelurahan dan Kecamatan termasuk Puskesmasnya akan kita bangunkan TBA, sekaligus juga dalam rangka mengejar target sebagai indikator terpenuhi dan terbentuknya Kabupaten Ramah Anak,” ungkapnya.

Tentunya program ini mudah di penuhi jika seluruh lapisan masyarakat, Pemerintah Kecamatan/Kelurahan/Desa, tambahnya, turut mendukung kesuksesan kegiatan dengan saling bersinergi demi mencerdaskan anak dengan cara di bina, dibimbing dan dididik melalui permainan

Saya juga menghimbau kepada institusi yang berkaitan dengan kegiatan ini, pungkasnya, jangan hanya membangun akan tetapi bagaimana merawat tempatnya, agar anak-anak kita bisa awet memakai dan memanfaatkan untuk kebutuhan mereka dan kiranya yang belum rampung tetap dilanjutkan sesuai dengan kontrak yang ada.

Sedangkan selaku inisiator kegiatan, Kabid PHA DisP3A Konsel, Hj. Ariyati Sjarif, menyampaikan terima kasih atas dukungan Bupati bersama Dinas terkait, sehingga hari ini proyek perubahan dalam rangka diklatpim III bisa terealisasikan yang bertujuan untuk pengembangan kemampuan dan aspirasi bagi anak serta mengembangkan kemampuan dasar anak.

“Alhamdulillah bisa kita resmikan penggunaannya setelah dikerja kurang lebih 3 bulan mulai tanggal 17 juni – 15 September 2019 dengan nilai kontrak +/- Rp 200 jt, dan terdiri dari ruang baca, closed , alat-alat permainan, luncuran, ayunan dan timbangan serta ruang bebas bermain anak dengan luas kurang lebih 10 Are,” beber Ariyati.

Untuk di ketahui, kegiatan dirangkaikan dengan pameran lomba kuliner tradisional yang memamerkan makanan yang cocok bagi pasien sakit dan Bumil, yang diikuti staf puskesmas Kec Moramo perbagian, dari bagian programmer, tata Usaha dan ruang kartu, KIA, perawat, apotek dan analisis. (A)

You cannot copy content of this page