oleh

Bupati Konsel: Perempuan, Motor Penggerak dan Perubahan

Reporter: Erlin
Editor: La Ode Adnan Irham

ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga menyebut, perempuan adalah motor penggerak dan perubahan. Hal itu diungkapkannya saat menghadiri kegiatan peringatan Hari Ibu, HUT Dharma Wanita Persatuan dan peringatan hari kesatuan gerak PKK, Senin (23/12/2019).

Kata dia, hari ibu merupakn hari lahir suatu pergerakan bangsa Indonesia, yang buktinya terlihat dalam kongres perempuan pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta, sebagai tekad mendorong pembentukan Indonesia Merdeka.

Hakikatnya, untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda, serta masyarakat tentang arti dan makna hari Ibu sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Hal ini juga membuktikan, kata Surunuddin, apabila perempuan diberi peluang dan kesempatan, mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri dalam berbangsa dan bernegara, juga mampu menjadi motor penggerak dan perubahan.

Disamping hari Ibu, kita juga peringati HUT DWP, olehnya itu sebagai organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri para ASN dalam mendukung setiap program kerja pemerintah.

Bupati Konsel H.Surunuddin Dangga ST.MM didampingi Ketua TP-PPK Konsel Hj.Nurlin Surunuddin SH. saat menyerahkan piala kepada peserta lomba. Pada Senin,23/12/2019 di Auditorium Kantor Bupati. (Foto:Mediakendari.com/Erlin)

“Dengan harapan perempuan di Konsel dapat berdayakan diri untuk mengambil peran dalam membantu pemerintah untuk menggerakkan keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Melalui organisasi PKK dan DWP, setiap program kerjanya dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga dapat membuka akses untuk mendorong secara ekonomi, sosial dan politik dalam mewujudkan ‘Desa Maju Konsel Hebat’.

Dengan peringatan ini, Pemda berharap untuk bersama-sama dengan segala daya upaya mendorong kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam setiap aspek kehidupan sosial, ekonomi dan politik.

Surunuddin juga mengapresiasi perempuan Konsel, karena mampu menunjukkan diri membantu pemerintah di berbagai sektor kehidupan, sehingga mampu mewujudkan masyarakat unggul, amanah dan sejahtera berbasis perdesaan.

Ketua TP-PKK Konsel, Hj Nurlin Surunuddin mengatakan, potensi perempuan merupakan aset nasional yang harus terus menerus dikembangkan, guna menyambut tantangan perkembangan dalam kegiatan bernegara dan memberikan kontribusi penuh, dengan mengambil peran strategis dalam konstalasi pembangunan.

Untuk bisa melaksanakannya, kata Nurlin, kita semua sebagai kaum perempuan dituntut untuk meningkatkan kualitas SDM secara berkelanjutan, dengan memperhatikan peluang dan tantangan globalisasi.

“Saya ajak kaum perempuan baik melalui organisasi PKK dan DWP, agar meningkatkan kualitas diri, sehingga mampu bekerja secara profesional dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi, serta berkolaborasi dengan mitra strategis yang kuat,” ajaknya Nurlin.

Anggota DPRD Prov Sultra ini juga menghimbau kaum gender untuk terus mengoptimalkan kinerjanya sebagai perempuan berdaya dan selaku mitra strategis pemerintah, dalam mensukseskan program pembangunan dengan bersama-sama menggerakkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju indonesia sejahtera.

Tempat yang sama, Ketua DWP Konsel, Hj. Ariaty Sjarif mengatakan, melalui peringatan ini, DWP Konsel yakin dan optimis mampu membangun organisasi yang lebih modern dan profesional, disertai program-program pengembangan dan peningkatan kualitas anggotanya yang mampu bersaing secara terbuka dan berkiprah secara aktif, dalam memberikan kontribusi pemikiran, gagasan serta pandangan sebagai mitra strategis pemerintah demi kemajuan daerah dan Bangsa Indonesia.

BACA JUGA :

Konsel juga menggelar Lomba Administrasi PKK, Administrasi DWP, Lomba Senam Kreasi, Nasi Tumpeng dan Anjangsana ke Panti Asuhan. Kegiatan yang dipusatkan di Auditorium Lt 3 Kantor Bupati ini juga dihadiri Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin, Sekretaris Daerah (Sekda), H. Sjarif Sajang, Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin, Wakil Ketua PKK, Hj. Arni Arsalim, Ketua DWP, Hj. Ariyati Sjarif dan para pimpinan OPD Lingkup Pemda Konsel.

Juara I Lomba Admin PKK dari Kecamatan Ranomeeto Barat, kedua, Sabulakoa, ketiga, Wolasi, Untuk Admin DWP Juara I dari Dinkes, disusul Satpol – PP dan Dispora, sedangkan posisi pertama Lomba Kreasi diraih Kec Laeya, Palangga urutan kedua, dan Kec Angata di posisi ketiga.

Terkini