oleh

Bupati Konsel Serahkan KTP-el dan Akta Kelahiran ke Warga Moramo dan Kolono Timur

ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), H.Surunuddin Dangga secara simbolis menyerahkan sekitar 200 keping Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan 60 lembar akta kelahiran kepada warga Kecamatan Moramo dan Kolono Timur yang telah selesai melakukan perekaman pada april 2018 lalu. Penyerahan administrasi kependudukan itu dilaksanakan di Kecamatan Moramo, Minggu (7/10/2018).

“KTP-El dan Akta Kelahiran memiliki banyak manfaat penting, antara lain KTP-el berfungsi sebagai identitasi diri seseorang. Sehingga kita targetkan di akhir Desember 2018 ini, seluruh warga Konsel sudah harus melakukan perekaman KTP-el, karena dari hasil Rakornas beberapa waktu lalu, memerintahkan bagi warga yang belum laksanakan perekaman maka datanya akan dibekukan sementara,” jelasnya.

Dikatakannya, warga yang tidak memiliki identitas kependudukan tentunya dapat merugikan warga itu sendiri, karena tidak akan dapat bantuan sosial dari pemerintah, atau pengurusan lain yang membutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Jadi saya himbau kepada masyarakat, agar memenuhi kewajiban tersebut, apalagi saya sudah perintahkan Disdukcapil untuk melaksanakan tugasnya di kantor-kantor Kecamatan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Nurlita mengatakan, berdasarkan penyampaian Dirjen Dukcapil pada saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), pada tanggal 12 September 2018 lalu di Semarang, bagi warga negara yang tidak melakukan perekaman hingga 31 Desember 2018, maka secara otomatis data kependudukan bersangkutan akan dimatikan, kecuali sudah melakukan perekaman.

“Sesuai intruksi Bupati, kami Disdukcapil terus bekerja semaksimal mungkin untuk melakukan pemutakhiran data, dengan melihat daerah mana saja, yang masyarakatnya belum melaksanakan perekaman, dan untuk meminimalisir hal ini kami kembali mengaktifkan operator di Kantor Kecamatan,” tandasnya. (b)

Reporter:Erlin.


Terkini