oleh

Bupati Konut Keluarkan Imbauan Terkait Banjir

Reporter : Mumun

Editor : Taya

WANGGUDU – Bupati Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin langsung mengeluarkan imbauan terkait luapan air sungai yang menyebabkan terjadinya banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Konut.

Dalam imbauan itu, Kepala BPBD, Kepala Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan diperintahkan untuk membuat posko bersama yang berfungsi menerima laporan kebencanaan dan merencanakan terkait berbagai kebutuhan serta memberikan respon dan langkah proporsional secara cepat dan tepat.

“Kepala BPBD selaku ketua tim senantiasa memberikan laporan kepada pimpinan daerah secara berkala terkait perkembangan kebencaan ini,” kata Ruksamin, dalam rilis imbauan yang diterima awak media ini, Minggu (2/6/2019).

Selain itu, seluruh Camat di Konawe Utara juga diperintahkan untuk membangun komunikasi dengan jajaran anggota TNI yang bertugas di Koramil, Polsek serta stakeholder lainnya dan seluruh jajaran lurah dan kepala desa di wilayah masing-masing.

“Supaya menyampaikan laporan kebencanaan pada kesempatan pertama serta melakukan upaya-upaya pertolongan pertama kepada masyarakat yang terdampak serta mengimbau untuk bergotong royong melakukan penanganan pertama serta tidak panik dan gaduh,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Konut, diperintahkan secara khusus untuk menginstruksikan jajaran Rumah Sakit Umum dan Puskesmas di masing-masing wilayah untuk bersiaga 24 jam.

“Logistik obat direncanakan cukup untuk persediaan baik di RSU maupun di seluruh Puskesmas-Puskesmas,” tutupnya.(a)

Terkini