oleh

Bupati Tafdil Resmikan Dua Gedung PKM di Bombana

-NEWS-160 dibaca

 

Reporter : Hasrun

BOMBANA – Bupati Bombana, Tafdil resmikan dua gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) di wilayah itu. Adalah gedung UPTD PKM Rarowatu Utara dan PKM Lombakasi, Kecamatan Lantari Jaya pada, 9 April 2021.

“Gedung baru UPTD Puskesmas Rarowatu Utara adalah peresmian PKM kali ke tiga pada tahun 2021 ini. Sebelumnya, juga telah meresmikan PKM di pulau Kabaena dan Poleang. Sedangkan gedung baru PKM Lombakasi adalah yang ke empat,” kata Bupati Bombana, Tafdil dalam sambutannya saat meresmikan PKM Rarowatu Utara.

Menurut Tafdil, selain ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan tersedianya anggaran yang memadai. Fasilitas kesehatan yang terstandar menjadi salah satu syarat wajib yang harus disediakan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas.

Untuk itu, Pemkab Bombana sangat komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia di wilayah penghasil emas itu, sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Bombana sebagaimana tertuang dalam RPJMD tahun 2017-2021.

“Dengan gedung baru yang lebih besar, lebih luas dan representatif dari pada gedung yang lama, harapan bahwa pemberian pelayanan kesehatan yang lebih baik bukan hal yang mustahil di wilayah ini,” katanya.

Ketua Partai PAN Bombana ini mengatakan, gedung tersebut merupakan aset yang harus dijaga bersama, baik itu pemerintah dan masyarakat setempat. Sebab kata dia, gedung itu merupakan fasilitas umum yang digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat di wilayah itu tanpa terkecuali.

“Begitupun untuk jajaran dinas kesehatan. Khususnya, Kepala Puskesmas Rarowatu Utara dan staf. Saya sangat berharap agar gedung baru yang cukup megah ini dapat menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, lebih meningkatkan kualitas layanannya, sehingga status kesehatan masyarakat di wilayah ini lebih meningkat,” harapnya.

Sementara, Kadis Kesehatan Bombana, dr Sunandar memaparkan, gedung UPTD Puskesmas Rarowatu Utara dibangun pada tahun anggaran 2019, dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) fisik afirmasi senilai Rp6.398.124.363.

“Pembangunan gedung ini juga dilengkapi dengan perumahan dinas untuk tenaga kesehatan. Pembangunannya berasal dari DAK afirmasi TA 2020 sebesar Rp769.999.484,” papar Sunandar.

Untuk menunjang pelayanan kesehatan ujarnya, gedung UPTD PKM ini juga didukung dengan ketersediaan alat kesehatan (Alkes) juga memanfaatkan alokasi anggaran dari DAK afirmasi senilai Rp1.788.033.000.

Selain itu, gedung UPTD PKM Rarowatu Utara juga dilengkapi dengan sarana Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dengan anggaran sebesar Rp611.000.000.

“Gedung UPTD PKM ini akan difungsikan sebagai tempat untuk melakukan pelayanan kesehatan rawat inap, rawat jalan, kesehatan ibu dan anak (KIA), laboratorium, pelayanan kefarmasian dan pelayanan kesehatan lainnya,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, sumber daya kesehatan, di PKM ini memadai, dua dokter umum serta paramedis dan tenaga kesehatan.

Sedangkan pembangunan gedung baru UPTD Puskesmas Lombakasih dibangun pada tahun anggaran 2020 dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik afirmasi senilai Rp6.429.900.000.

“Gedung ini juga dilengkapi dengan perumahan dinas untuk tenaga kesehatan yang juga pembangunannya berasal dari DAK afirmasi tahun anggaran 2020 sebesar Rp718.400.000,” katanya.

PKM yang terletak di pertabatasan Konsel dan Bombana ini dilengkapi alat kesehatan (Alkes) bersumber dari DAK afirmasi senilai Rp1.692.766.736.

“Sedangkan sumber daya kesehatannya memadai, ada lima dokter umum
Satu PNS, satu NS dan dokter interenship, satu dokter gigi, serta paramedis dan tenaga kesehatan lainnya,” pungkasnya. (B)

Terkini