MUNA BARAT

Camat Kusambi Sosialisasikan Pencegahan Covid-19 dan DBD

220
×

Camat Kusambi Sosialisasikan Pencegahan Covid-19 dan DBD

Sebarkan artikel ini
Camat Kusambi Ali Mochtar Jaya (bertopi) saat melakukan sosialisasi tentang pencegahan covid-19 dan DBD dengan road keliling kampung di sepuluh desa Kecamatan Kusambi pada hari senin 23 maret 2020.(foto/Jul Awal/mediakendari.com)

Reporter : Jul Awal

LAWORO – Pemerintah Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat (Mubar) mensosialisasikan pencegahan Covid-19 dan Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan pengeras suara di sepuluh desa se- Kusambi, Senin 23 maret 2020.

Camat Kusambi, Ali Mochtar Jaya menjelaskan, sosialisasi dilakukan untuk pencegahan covid-19 dan DBD, dengan memberikan penjelasan cara pencegahan virus yang mematikan itu.

“Ini juga sesuai instruksi Bupati Mubar, Laode M Rajiun Tumada,” kata Ali Mochtar kepada MEDIAKENDARI.com, Selasa 24 Maret 2019.

Ali menyebut, instruksi itu untuk dipatuhi masyarakat, karena covid-19 sudah masuk Sultra. Instruksi tersebut diantaranya, meminta warga sesering mungkin cuci tangan pakai sabun, tidak keluar daerah.

“Melapor ke pemerintah atau Puskesmas bila ada warga yang baru pulang dari daerah atau negara lain, dan tidak kontak langsung atau jaga jarak satu meter saat berkomunikasi,” tegasnya.

Ia juga melarang warga membeli kebutuhan secara berlebihan dan bagi pedagang sembako diperingatkan untuk tidak menimbun dagangan. “Bagi pedagang agar tidak melakukan penimbunan barang apalagi memainkan harga,” tegasnya.

Dirinya juga memerintahkan disediakannya keran air dan sabun cuci di kantor kecamatan dan kantor desa kelurahan dan meminta warga menerapkan pola hidup sehat serta membersihkan lingkungan.

“Membersihkan tempat air di dalam rumah sehingga tidak menjadi tempat jentik nyamuk,” tutupnya.

Sementara itu, Kapolsek Kusambi Ipda Abdul Hasan mengapresiasi Pemerintah Kecamatan. “Ini merupakan isu global yang harus dicegah. Jadi semua harus bersinergi antara Polri, Pemerintah, dan masyarakat,” kata Ipda Abdul Hasan.

You cannot copy content of this page