NEWS

Capaian RPJMD Konsel 2016-2021, Kinerja Dinas PUTR dan Dinas PR Minus Akibat Pandemi

479
×

Capaian RPJMD Konsel 2016-2021, Kinerja Dinas PUTR dan Dinas PR Minus Akibat Pandemi

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Kepala Bappeda Konsel, H. Icshan Porosi (Foto:Erlin/MEDIAKENDARI.COM)

Reporter: Erlin

ANDOOLO – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menyebut, catatan kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) dan Dinas Perumahan Rakyat (PR) minus akibat dihantam pandemi.

Kepala Bappeda Konsel, H Ichsan Porosi menjelaskan, kinerja kedua OPD tersebut dinilai masih jauh dari yang diharapkan. Hal itu diakibatkan adanya refocussing anggaran akibat pandemi Covid-19.

“Nah..! kecuali sektor konstruksi, yakni di Dinas PUTR dan dinas Perumahan rakyat, dua sektor ini memang minus, karena hampir semua program strategis yang melekat di dua instansi ini tertunda karena Covid ini. Dan bukan hanya Konsel, tapi hampir semua daerah di seluruh Indonesia,” ungkap Ichsan Porosi, Rabu 10 Februari 2021.

Meski demikian, secara umum berdasarkan hasil evaluasi dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemda Konsel, semua sektor telah berjalan tanpa ada kendala yang signifikan.

Salah satunya, kata Ichsan, sektor pertanian, perkebunan, serta sektor perdagangan dan beberapa layanan publik lainnya itu tumbuh pesat dan berjalan sesuai yang dicanangkan Pemkab Konsel.

“Contohnya Dinas Pertanian itu boleh dibilang sukses, walaupun tidak 100 persen. Tapi sesuai yang diharapkan melalui patron pembangunan lima tahun itu, seperti peningkatan luasan panen, luas area dan produksi pertanian itu sukses,” ungkapnya.

Ichsan menjelaskan, sebelum berakhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Konsel Surunuddin – Arsalim, seluruh capaian RPJMD yang telah ditetapkan pada periode tersebut akan disampaikan kepada publik.

Mantan Kepala Dinas PUTR menjelaskan, capaian lima tahun itu nantinya akan diekspos, dianaranya terkait program yang telah dicanangkan dalam RPJMD Konsel periode 2016-2021.

“Terkait eksposenya nanti, tentu rujukannya adalah implementasi RPJMD yang telah dicanangkan Pemda Konsel bersama dewan pada saat mulai menjabat,” terang Ichsan Porosi.

Secara detil, kata Ichsan Porosi, terkait capaian program itu, pihaknya telah menyusun memoarnya untuk disampaikan melalui sidang paripurna di DPRD, yang akan disampaikan langsung Bupati Surunuddin Dangga.

“Kita sudah susun apa-apa saja yang menjadi capaian saat menjabat Bupati dan wakil Bupati Konsel periode 2016-2021. Sementara program yang belum tercapai lima tahun terkahir, akan menjadi isu strategis pada periode selanjutnya,” pungkasnya. /B

You cannot copy content of this page