oleh

Cegah Selisih Pembayaran, BPJS Baubau Terapkan Close Payment Sistem

RAHA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Baubau gelar kegiatan sosialisasi implementasi close payment sistem, guna memudahkan Badan Usaha dalam hal kepesertaannya, bertempat di Kun-kun Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (14/12).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau melalui Staf Kepesertaan dan Pelayanan, Hasrul Almani, menerangkan lmplementasi close payment sistem akan digunakan oleh badan usaha untuk memudahkan pendaftaran peserta, jumlah tagihan, jumlah iyuran, mutasi dan sebagainya.

“Nama aplikasi yang disosialisasikan adalah aplikasi e-Dabu, digunakan untuk membantu memudahkan kepesertaannya badan usaha, ujarnya.

Pramuka

Dengan menggunakan aplikasi e-Dabu lanjut Hasrul, setiap pembayaran yang akan dilakukan oleh Badan Usaha nantinya tidak akan ada selisih lagi, mengingat sistem atau aplikasi open payment yang digunakan sekarang dinilai kurang efisien.

“Sistem yang kita pakai sekarang itu open payment, jadi pembayaran iyuran yang masuk tidak terhitung jumlahnya, dan tidak terbatas jadi masuk-masuk saja itu iuran, berapapun tagihannya badan usaha misalnya 1 juta di bayar 2 atau 3 juta itu juga bisa,” terang Hasrul.

Dia juga menambahkan, sistem close payment akan diberlakukan pada awal Februari 2018 mendatang, dengan tujuan agar tidak ada lagi selisih antara tagihan dan yang dibayar oleh Badan Usaha.

“Di Muna, ada enam badan usaha yang selisih pembayarannya, ada yang lebih dan ada yang kurang, jadi sistem ini akan kami berlakukan mulai 1 Februari 2018,” pungkasnya.

Reporter: Erwin
Editor: La Niati

Terkini