oleh

Claro Kendari Raih Nilai Sempurna Sertifikasi CHSE

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya Kota Kendari patut berbangga. Pasalnya sektor parawisata khususnya bidang perhotelan menjadi satu sektor yang diperhitungkan.

Salah satu hotel di Kota Lulo, yaitu Claro Hotel Kendari baru saja capai nilai sempurna dengan poin 100 pada sertifikasi Clenliness, Health, Safety and Enviroment (CHSE).

Jika penilaian itu datang dari pemerintah setempat, tentu bukan hal luar biasa dan patut dibanggakan. Tetapi, bagaimana jika penilaian tersebut datang langsung dari Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekeraf).

Melalui siaran pers yang diterima MEDIAKENDARI.com, Jum’at 27 November 2020, dijelaskan bahawa penilaian atau sertifikasi yang diprakarsai oleh Kemenparekraf ini sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah kepada industri parawisata ditengah pandemi.

Sang General Manager (GM), Syarir Ramadhan menuturkan keberhasilan yang pihaknya capai tidak lepas dari kerja keras timnya yang terus konsisten dalam menjalankan semua elemen protokol kesehatan.

“Yang kami lakukan ini adalah bentuk tanggung jawab kami kepada setiap tamu yang datang ke hotel ini, agar tamu merasa nyaman dan aman menginap di hotel Claro Kendari. Sekarang kami selaku pelaku usaha untuk tetap mempertahankan predikat ini agar tamu yang akan datang ke Claro tetap percaya dan yakin bahwa hotel ini benar-benar aman untuk di inapi,” ujarnya.

Lanjut Syahrir, sejak 26 – 27 November 2020 Claro Kendari melaksanakan proses sertifikasi oleh team auditor dari Sucofindo selaku Lembaga berwenang yang ditunjuk langsung oleh Kemenparekraf dalam kegiatan ini.

Dirinya menjelaskan, proses sertifikasi ini berfokus dalam penerapan pencegahan penyebaran Covid-19 di area industri pariwisata dalam hal ini Perhotelan serta pelestarian lingkungan hidup, sesuai dengan program yang dilaksanakan pada setiap elemennya, yaitu Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kenyamanan Lingkungannya.

Dimana Claro Kendari berhasil mencapai nilai sempurna dari hasil proses sertifikasi yang telah dilaksanakan selama dua hari berturut-turut itu.

“Seperti yang kita ketahui bersama hotel Claro sendiri adalah hotel berbintang empat di kota Kendari yang memiliki banyak aktivitas, oleh karena itu penerapan protocol Kesehatan di hotel ini adalah menjadi yang utama,” pungkasnya.

Terkini