oleh

CPNS Formasi Dokter Spesialis di Baubau Sepi Peminat

-BAUBAU, FEATURED, SULTRA-29 dibaca

BAUBAU – Formasi dokter spesialis dalam pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau sepi peminat atau tidak ada pendaftarnya. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM), Samiun, pada Rabu (24/10/2018).

Samiun menyebut, dalam pendaftaran CPNS pihanya telah menyediakan 13 kuota untuk formasi dokter spesialis, namun sampai pengumuman berkas administrasi dilakukan, tidak ada satupun pelamar yang tertarik di formasi dokter spesialis. Kata dia, tidak adanya pelamar yang memilih formasi dokter spesialis dikarenakan tidak adanya dokter yang setelah menyelesaikan pendidikan dokter umum, dan kalaupun ada langsung dilanjutkan pendidikan ke ahli.

“Untuk dokter spesialis ini biasanya para dokter dari dokter umum dulu kemudian mengambil ahlinya setelah terangkat jadi pegawai negeri sipil (PNS), rata-rata seperti itu nanti dokter itu sudah jadi PNS baru mengambil ahli,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, Pemkot Baubau tetap akan mengalami kekurangan tenaga CPNS karena 13 kuota yang disiapkan tidak terisi. Utamanya, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Baubau yang sampai hari ini masih kekurangan dokter spesialis.

“13 kouta dokter spesialis itu sudah pasti tidak terisi karena tidak ada pelamarnya. Ada juga formasi khusus K2 yakni guru dan tenaga kesehatan masing-masing satu formasi yang tidak terisi,” ujarnya.

Samiun mengaku, penerimaan CPNS 2018 ini belum memenuhi kebutuhan pegawai yang dibutuhkan pemerintah kota Baubau. Pasalnya, pihaknya mengusulkan lebih dari 700 formasi ke pemerintah pusat. Namun, yang disetujui hanya 152 formasi saja.

“Apalagi dari 152 formasi yang dibuka sebagian tidak punya pelamar. Yang sudah lolos berkas juga belum tentu mampu mengisi formasi yang dibuka dalam penerimaan CPNS karena masih ada tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB). Kalau passing grade tidak terpenuhi, maka bisa saja formasi yang punya pelamar pun bisa tidak terisi,” imbuhnya.

Untuk diketahui formasi 13 kuota CPNS kota Baubau yang tanpa pelamar yakni, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis kesehatan anak, dokter spesialis obgin, dokter spesialis radiologi, dokter spesialis mata, dokter spesialis THT, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis orthopedi, dokter spesialis anastesi, dokter spesialis patologi klinik, dokter spesialis anatomi dan dokter spesialis bedah umum untuk 2 kuota. (a)

Reporter : Ardilan


Terkini