Notice: Trying to get property of non-object in /home/mediaken/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/content-single.php on line 26

Hari Perdana tes CPNS, Hanya 4 Peserta asal Busel yang Lulus

Iklan Nirna

BAUBAU – Sebanyak 600 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) asal Buton Selatan (Busel) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) berbasis computer asissted test (CAT) di Kota Baubau, Jumat (2/11/2018). Dari 600 peserta yang mengikuti tes di hari perdana itu, hanya 4 peserta yang dinyatakan lulus dan memenuhi nilai passing grade.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Busel, La Ode Firman Hamza mengatakan, pada hari pertama tes CPNS diikuti sekitar 600 peserta, sementara 13 peserta lainnya dinyatakan gugur sebelum tes berlangsung, karena tidak hadir saat ujian berlangsung.

“Dari jumlah 600 peserta, hanya 4 orang yang dinyatakan lulus dan memenuhi nilai passing grade,” jelasnya.

Apps Mediakendari

Dikatakannya, nilai ambang pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) diatur sesuai Permenpan Nomor 36 tahun 2018. Para pelamar harus mencapai nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 143, Tes Intelegensi Umum (TIU) sebesar 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) sebesar 75.

“Tes SKD peserta CPNS Busel akan berlangsung selama 6 hari, mulai 2-7 November 2018, dengan jumlah keseluruhan 4.416 pelamar,” ungkapnya.

Kata dia, materi TIU dan TWK yang dijawab benar tiap satu soal bernilai 5. Sedang, untuk TKP nilai paling rendah 1 dan paling tinggi nilai 5. Dia juga mengaku tidak ada kendala berarti dihari pertama ujian SKD sejauh ini.

Dia juga menjelaskan, penyebab para pelamar gagal dites SKD dikarenakan nilai pelamar yang tidak mencapai ketiga unsur nilai TIU, TWK dan TKP.

“Rata-rata pelamar tidak lulus itu karena salah satu unsur nilainya tidak memenuhi syarat. Misalnya, TIU dan TWK-nya tinggi tapi nilai TKP-nya rendah itu yang bikin tidak lulus pelamar. Kendala peserta rata-rata disoal. Kalau waktu ujian selama 90 menit itu tidak ada masalah untuk peserta,” pungkasnya.

Untuk diketahui, setiap peserta diberi waktu 90 menit untuk menjawab 100 soal yang terdiri dari tes karakter pribadi (TKP) sebanyak 35 soal, tes intelegensia umum (TIU) 30 soal, dan tes wawasan kebangsaan (TWK) 35 soal. Amatan media ini, tes SKD CPNS Busel hari pertama berakhir pukul 20.30 Wita malam.

Adapun keempat peserta yang penuhi passing grade itu masing-masing Wa Ode Zuhraini Kasim yang memperoleh skor TWK 115, TIU 100 dan TKP 144 atau total total nilai 359, kemudian Enyazkiah mendapat skor TWK 95, TIU 105 dan TKP 145 dengan total 345. Selanjutnya, Willy memperoleh nilai TWK 80, TIU 90 dan TKP 146, total 316. Sementara, Achmad Samhar mengumpulkan nilai TWK 85, TIU 80 dan TKP 146, total 311. (a)

Reporter : Ardilan


Iklan HUT Konawe

error: Content is protected !!