Notice: Trying to get property of non-object in /home/mediaken/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/content-single.php on line 26

Hari Pertama Tes SKD CPNS di Muna, Hanya 3 Peserta yang Lolos

Iklan Nirna

RAHA – Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dengan menggunakan sistem Computer Aussist Test (CAT) di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah digelar hari ini, Senin (5/11/2018).

Tes pada hari pertama yang dimulai pada pukul 10.00 Wita itu digelar di beberapa tempat, yakni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Raha, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2, dan SMAN 4 Raha.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, Rustam menerangkan, dari total peserta ujian sebanyak 240 peserta, namun yang dinyatakan lolos SKD hanya sebanyak 3 orang. Masing-masing terdiri dari jurusan formasi Apoteker, Kesmas dan Matematika.

Apps Mediakendari

“Untuk hari ini hanya tiga orang yang lulus seleksi dari total peserta sebanyak 420, yang tes di SMAN 1 Raha hanya satu orang, SMP 2 ada dua orang sedangkan yang tes di SMAN 4 tidak ada yang lolos. Kita sangat menyayangkan hal ini,  Mungkin pemerintah belum membutuhkan PNS karena hampir se-indonesia peserta yang lolos tidak memenuhi kuota yang disiapkan,” ujar Rustam.

Kata dia, kebanyakan peserta yang dinyatakan gugur karena nilai tes karakter pribadi (TKP) yang tidak memenuhi standar. Sementara untuk bisa lolos seleksi, nilai TKP, tes wawasan kebangsaan (TWK) dan tes intelegensia umum (TIU) peserta harus memenuhi standar. Jika salah satu nilai tersebut tidak mencukupi maka tetap akan dinyatakan gugur.

“Standar nilai TWK itu 80, TIU 85 sedangkan TKP 143, jadi meski tinggi nilai TWK dan TIUnya tapi nilai TKP rendah maka tetap tidak lolos,” timpalnya. (a)

Reporter : Erwino


Iklan HUT Konawe

error: Content is protected !!