Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa ( kiri ) Bersama Bupati se-Sultra Menerima DIPA 2019 yang diserahkan Gubernur Sultra, Ali Mazi Jumat (14/12/2018)

DIPA Konawe 2019, Meningkat Menjadi Rp 1,3 Triliun

Redaksi

KENDARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe bersama dengan daerah lainnya di Sulawesi Tenggara (Sultra) secara resmi telah menerima Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) tahun 2019 dari pemerintah pusat, melalui Gubernur Sultra, Ali MAzi, Jumat (14/12), di salah satu hotel di Kota Kendari.

Untuk DIPA tahun 2019, Pemkab Konawe menerima sebesar Rp 1,3 trilian, jumlah tersebut mengalami peningkatan sekitar 30 persen bila dibandingkan dengan tahun 2018 yang hanya sekitar Rp.700 miliar.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengaku bersyukur atas meningkatnya DIPA Konawe pada tahun 2019. Kata dia, dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan di seluruh wilayah Konawe.

“Alhamdulillah DIPA kita mengalami peningkatan, dana tersebut akan digunakan untuk Dana desa, Pembangunan Bendungan Pelosika, Dana bantuan khusus serta pembangunan sektor lainnya,” terang Bupati dua periode itu usai mengikuti acara penyerahan DIPA bersama 17 Kabupaten/Kota.

Dikatakannya, dengan peningkatan DIPA ini dirinya akan segera menggelar rapat Koordinasi dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konawe, agar menjalankan program sesuai intruksi pemerintah pusat seperti dalam hal penghematan anggaran dan kegiatan yang dilaksanakan supaya menghasilkan kegiatan yang bagus pula.

“Secara tidak langsung ini memperlihatkan bahwa pemerintah pusat dan Daerah akan bahu-membahu bersinergi dalam menghadapi tantangan pembangunan ke depan. Sehingga diharapkan dengan dana tersebut dapat memberikan nilai tambah dalam mendorong produktivitas dan inovasi di Konawe,” katanya.

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe itu menambahkan, kenaikan DIPA juga ini merupakan dampak dari kerjasama dengan pihak PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dalam pembangunan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konawe.

“Tentunya anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membangun Konawe. Sehingga kita harapkan, Konawe bisa lebih maju lagi dengan memanfaatkan semua potensi yang dimiliki dari berbagai sektor,” tutupnya.


error: Content is protected !!
%d bloggers like this: